Pesona Taman Nasional Baluran di Jawa Timur

Berwisata di Indonesia itu tidak akan bosen karena semua tempat berkesan, tempat wisatanya pun banyak dari dasar laut, udara, gunung, bahkan di bawah tanah pun ada, sampe-sampe bingung mana yang akan menjadi tujuan wisata selanjutnya. Setiap tempat wisata mempunyai daya tarik sendiri-sendiri. Contohnya Pesona Taman Nasional Baluran di Jawa Timur di Taman Nasional Baluran kita dapat merasakan berada di padang savana seperti di Afrika.

Tips aja buat temen-temen jika ingin berwisata mungkin salah satunya melihat pesona Taman Nasional Baluran di Jawa Timur, saran saya :
1. Tentukan dahulu jenis wisata apa yang ingin di kunjungi
2. Siapkan pendanaan jauh-jauh hari
3. Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang tempat wisata yang akan kita kunjungi dan pastinya yang sesuai dengan dana yang ada.
4. Ketahui alat transportasi yang akan digunakan menuju lokasi wisata (Bus, Kereta, Pesawat terbang) atau kendaraan pribadi pastikan kendaraan dalam kondisi sehat yaa.
5. Jika telah dapat tempat wisata yang dituju, silahkan membeli tiket beberapa bulan atau minggu sebelum hari H, agar tiketnya lebih murah.
6. Tentukan tempat penginapan yang sesuai dengan dana, yang pasti harus nyaman dan tidak jauh dari tempat wisatanya.
7. Jika perlu rental mobil atau motor pastikan yang terpercaya dan bisa jemput dan antar ke bandara atau terminal.
8. Siapkan peralatan pribadi selama dilokasi, kamera, charger, HP, Kartu Kredit (tentative) digunakan jika ada masalah saja.

balurannationalpark.web.id

Berwisata ke bagian ujung propensi jawa misalnya untuk melihat pesona Taman Nasional Baluran di Jawa Timur, meskipun Jawa Timur juga memiliki Taman Nasional lainnya yaitu Gunung Bromo,  pesona Taman Nasional Baluran di Jawa Timur yang cantik dengan sejuta pesona di dalamnya mampu membawa hayalan wisatawan seperti berwisata ke Afrika. Hutan dengan padang ilalang dan pemandangan yang mirip dengan kawasan Afrika.

Lokasi Taman Nasional Baluran
Taman Nasional Baluran berada di Banyuputih Situbondo dan Wongsorejo Banyuwangi, Jawa Timur. Untuk melihat pesona Taman Nasional Baluran di Jawa Timur, wisatawan harus membayar tiket masuk di pintu masuk, harga tiket kisaran Rp. 5000/orang dan Rp. 10.000/kendaraan. Setelah membayar retribusi wisata harus melanjutkan perjalanan sejauh 12 km dengan kendaraan untuk mencapai savana.

Taman Nasional Baluran dijuluki sebagai Afrika kecil bukan hanya karena bentuk hutannya yang mirip dengan di Benua Afrika. Tapi juga karena keragaman hewannya yang membuat hutan ini jadi seperti margasatwa raksasa.

Akses menuju Taman Nasional Baluran
Untuk masuk ke kawasan Taman Nasional Baluran, ada dua jalur utama. Namun yang paling banyak dikunjungi wisatawan adalah pintu dari Sumberwaru, Banyuputih, Situbondo. Selain itu kamu juga bisa masuk lewat jalur Banyuwangi, yang sekarang sudah membuka penerbangan Batik Air langsung dari Jakarta ke Banyuwangi.

Dengan jalur udara, kamu tak perlu menempuh perjalanan darat yang melelahkan dari Surabaya ke Situbondo atau Banyuwangi. Harga tiket pesawat Batik Air ke Banyuwangi pun terjangkau, dan pastinya membuat perjalanan ke ujung Timur Pulau Jawa ini jadi lebih singkat dan menghemat tenaga.

Tempat wisata Taman Nasional Baluran
1. Savana Bekol
Salah satu alasan mengapa Taman Nasional Baluran disebut sebagai Afrika van Java adalah karena keberadaan Savana Bekol di dalamnya. Padang savana ini membentang luas, dengan pemandangan yang amat mirip dengan Afrika, lengkap dengan udara panasnya yang menyengat.

balurannationalpark.web.id

2. Evergreen Forest
Dinamakan demikian karena hutan ini berwarna hijau segar dengan udara yang amat sejuk. Pemandangan di Evergreen Forest amat berbeda dengan padang savana Bekol. Semua kawasan dipenuhi dengan tumbuhan yang menghijau, dengan jalanan yang dipagari oleh tanaman cantik di kanan kirinya.

balurannationalpark.web.id

Baca juga : Wisata di Taman Nasional Pha Taem, Thailand

3. Pantai Bilik dan Sajile
Di bagian utara Taman Nasional Baluran, terdapat pantai Bilik dan Sejile yang cantik. Pantai ini merupakan surga tersembunyi di Baluran. Pasir pantai ini berwarna putih bersih, dengan garis panjang membentang. Tidak ada sampah dan polusi di pantai ini, membuat pengunjung betah dan pastinya tergiur untuk bermain di pasir dan berenang di air lautnya yang bening.
Karena berada di pantai kawasan Utara, ombak di Pantai Bilik dan Sejile bisa dibilang sangat tenang. Kamu bisa melakukan snorkeling di tepiannya, atau menunggu laut surut dan menikmati pemandangan karang laut yang menyerupai lidah, yang membuat tempat ini dinamakan sejile yang artinya lidah dalam bahasa Madura.

pesonasitubondo.com

4. Pantai Bama
Tidak jauh dari savana Bekol, terdapat tempat wisata pantai indah yang bernama Pantai Bama, yang punya hutan mangrove nan indah. Pantai ini adalah rumah bagi berbagai jenis burung dan hewan di Taman Nasional Baluran. Salah satunya adalah rumah bagi kera abu-abu, yang kadang bisa kamu temui di perjalanan dari Situbondo ke Banyuwangi.
Pantai ini dikenal dengan sinar matahari senja yang indah, dan pemandangan bawah lautnya yang memukau. Pemandangan bawah laut di pantai ini juga amat menarik, kamu bisa menikmatinya dengan snorkeling dan melihat karang dan ikan-ikan cantik yang ada di sana.

indonesiakaya.com

Untuk melihat pesona Taman Nasional Baluran di Jawa Timur sebenarnya bukan hanya 4 tempat diatas namun masih banyak lagi tempat yang bisa kamu jelajahi.  Informasi penting nih untuk teman-teman yang ingin berkunjung ke Banyuwangi sekarang lagi ada promo tiket pesawat mumpung ada promo harga tiket pesawat Batik Air ke Banyuwangi biar pendanaan wisatanya ga terlalu banyak harga tiket pesawat Batik Air yang terjangkau pasti membuat perjalananmu ke Baluran jadi lebih menyenangkan.

Yuuk berkunjung ke Taman Nasional Baluran. Sampah sisa makanan tidak dibuang sembarangan  yaaa.

Penulis
Ade Haris S (lalerijo.com)
Semua tempat berkesan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *