Tempat wisata pantai indah di Lombok

Bulan May ini saya dan keluarga mengunjungi tempat wisata pantai indah di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pulau Lombok terkenal dengan seni budaya yang unik yaitu perpaduan budaya Bali dan Jawa ini tercermin dari pakaian adat dan musik tradisionalnya. Nusa Tenggara Barat terkenal dengan Pulau seribu masjid karena mudah sekali menemui masjid disana dan karena disana mayoritas penduduknya beragama Islam.

Selain seni budaya, pulau Lombok terkenal dengan pantai yang indah dengan air laut yang jernih dan pasir yang putih lembut. Perpaduan pemandangan perbukitan dan laut biru menjadi daya tarik pulau Lombok menjadi destenasi wisata yang asik untuk di kunjungi.

Kunjungan wisata kami ke pulau Lombok hanya dua malam saja. Kami menginap di Golden Tulip Hotel di kota Mataram. Meski agak jauh dari tepi pantai namun kami dapat melihat indahnya matahari terbit dari kamar hotel.┬áTempat wisata pantai indah di Lombok yang terkenal yaitu Gili Trawangan, Gili Air, Senggigi, Gili Meno dan Kampung Wisata Sade tempat warga desa Sasak. Saya memulai perjalanan dari Mataram menuju Senggigi dengan waktu tempuh 1,5 jam. Kami melewati pegunungan dimana kami dapat melihat pantai dari puncak gunung, asli keren…, air laut dengan gradasi biru dan hijaunya bukit di sisinya,
Pantai indah di lombok


Tempat wisata pantai indah di Lombok yang saya kunjungi yaitu :
1. Pantai Gili Trawangan
Untuk menuju Gili Trawangan saya naik boat dari Senggigi dengan waktu tempuh 20 menit. Gili Trawangan salah satu tempat yang paling terkenal dibandingkan gili yang lain karena di pulau ini telah tersedia banyak hotel, Masjid, tempat hiburan air, bersepeda, cidomo (andong) dan restoran. Banyak wisata asing dan lokal yang berkunjung untuk menikmati pemandangan, pantai dan laut dengan bersnorkling dan berjemur.

Saya dan keluarga menyewa sepeda di pulau ini dengan tarif Rp 50.000 untuk mengelilingi pulau dan Rp 100.000 untuk tarif cidomo dengan kapasitas 6 orang. Di pulau ini tidak ada sepeda motor meskipun ada adalah motor listrik. Hamparan pasir putih dan air laut yang bening membuat kami ingin selalu nyebur ke air. Di pulau Gili Trawangan wisatawan dapat melihat matahari terbit dan tenggelam makanya gili ini sangat terkenal. Pulau ini menghadap barat dan timur

2. Pantai Gili Meno
Tempat wisata pantai indah di Lombok selanjutnya kami menuju ke Gili Meno dengan waktu tempuh 10 menit dari Gili Trawangan. Gili Meno terdapat danau di tengah pulau ini. Di Gili Meno tidak banyak fasilitas hotel seperti di Gili Trawangan karena pulau ini pulau konservasi manggrove dan burung. Gili Meno memiliki pantai yang landai dengan ombak yang kecil sehingga gili ini asik untuk berenang. Untuk mencapai danau kami harus berjalan ke tengah pulau selama 5 menit. Gili Meno berada dalam kawasan ecowisata dimana di pulau ini terdapat burung dan pohon manggrove.
Gili Meno

Gili Meno

Pantai Gili Meno tidak seramai pantai di Gili Trawangan sehingga asik untuk berenang. Pengalaman yang saya dapatkan di pulau ini adalah hilangnya seluruh memori Hp saya beserta rusaknya Hp saya karena nyebur ke air dengan Hp yang tak terbungkus waterproof. Akibat saya terlalu bersemangat untuk selalu nyebur… Tips yaa teman-teman jika jalan-jalan ke pantai pastikan Hp selalu di bungkus waterproof agar tidak kemasukan air.

3. Gili Air
Tempat wisata pantai indah di Lombok berikutnya Gili Air adalah pulau terakhir wisata air saya dihari pertama. Di Gili Air adalah tempatnya untuk snorkling. Dengan menyewa boat saya dan keluarga melakukan wisata air. Spot untuk snorkling tidak terlalu jauh dari pantai.

4. Pantai Kuta Lombok
Tempat wisata pantai indah di Lombok juga mempunyai pantai yang bernama Kuta seperti yang ada di Bali, Pantai Kuta Lombok berbeda dengan yang ada di Bali, Pantai Kuta Lombok terdapat bukit di sisi kiri dan kanannya. Pantai Kuta Lombok berpasir putih dengan pantai yang landai dan berombak sedang. Untuk mencapai Pantai Kuta ini saya menepuh jarak 72 km dari kota Mataram.

Pantai Kuta mempunyai panjang garis pantai sepanjang 7,2 km. Aktifitas yang bisa dilakukan di Pantai Kuta ini selain berenang wisatawan juga dapat mencoba berselancar dan parasut layang-layang. Di Pantai Kuta ini banyak terdapat restoran dan hotel maupun home stay. Pantai Kuta Lombok memiliki pemandangan bukit-bukit yang indah di sisi kiri dan kanannya, salah satunya bukit Mandalika yang memiliki cerita rakyat.
Pantai indah di lombok

Pantai indah di lombok

5. Pantai Selong Belanak
Tempat wisata pantai indah di Lombok selanjutnya pantai Selong Belanak adalah pantai dengan bentuk melengkung kedaratan dan berhadapan langsung dengan samudra Hindia. Pantai ini memiliki pasir lembut dan bersih. Pantai Selong Belanak tergolong masih sepi pengunjung sehingga suasana pantai ini lengang. Di Pantai Selong Belanak ada beberapa hotel yang langsung ke pantai. Saya menumpuh jarak 49 km dengan waktu tempuh 1,5 jam dari kota Mataram dengan jalan yang berkelok-kelok. Pantai Selong Belanak cocok jika teman-teman yang ingin ketenangan sambil menikmati indahnya pantai ini.
Pantai indah di lombok

Pantai indah di lombok

6. Pantai Mawun
T
empat wisata pantai indah di Lombok berikutnya Pantai Mawun berada di Lombok tengah, Nusa Tenggara Barat, pantai dengan pasir lembut seperti tepung dengan himpitan bukit. Di Pantai Mawun ini tersedia payung beserta bale yang disewakan oleh warga setempat. Harga sewa + Kelapa Muda kisaran Rp. 50.000. Pantai ini memiliki obak yang cocok untuk berselancar dengan ombak yang sedang. Untuk wisatawan yang ingin berenang juga dapat dilakukan di pantai ini. Pantai ini memiliki pinggir pantai yang luas. Jika teman teman ingin menaiki bukit juga bisa namun harus berhati-hati. Air laut di Pantai Mawun memiliki gradsi warna biru yang bagus.
Pantai indah di lombok

Pantai indah di lombok

Tempat wisata pantai indah di Lombok, Nusa Tenggara Barat memang mengesankan bagi saya karena pantai-pantai yang masing bersih dengan hamparan pasir yang halus membuat saya ingin balik lagi ke pulau ini suatu saat nanti…Insya Allah. Masih banyak pulau indah lainnya yang ada di Lombok namun waktunya sudah harus kembali ke Jakarta.

Tips buat teman-teman yang ingin berlibur ke Lombok pastikan tour n travel teman-teman sudah terintergrasi dengan tempat wisata dan hotel yaa karena ini akan mempermudah teman-teman untuk explore Lombok. Banyak penginapan dan Home stay disana jadi tidak perlu dana yang besar untuk tidur.

Pantai indah di lombok

Yuukk… kita kunjungi pulau Lombok ini dan tetap jaga ketertiban dan kebersihan tempat wisatanya yaa… Happy trip.

Penulis
Ade Haris S (lalerijo.com)
“Semua tempat berkesan”

2 thoughts on “Tempat wisata pantai indah di Lombok

  1. Febby

    Hai
    mau tanya dalam sehari bisa ke 3 gili ya?
    Gimana ya caranya
    jadwal kapal jam berapa saja dan berapa harga tiketnya?

    Terimakasih

    1. ade_haris Post author

      Salam kenal mas Febby.

      Saat saya datang ke Lombok saya menggunakan Tour and Travel.. mereka mengatur jadwal tersebut
      untuk Keberangkatan saya sudah ada di pelabuhan Sengigi jam 8 pagi..
      tujuan pertama Gili Trawangan dengan waktu tempuh 45 menit pakai perahu biasa bukan speed boat
      Tujuan kedua Gili Meno waktu tempuh hanya 10 menit
      tujuan terakhir Gili Air waktu tempuh 15 menit.

      Ketiga gili tersebut tidak terlalu jauh waktu tempuhnya..

      Jika Mas backpacker saya sarankan datang lebih pagi karena harus ganti-ganti perahu,
      Harga tiket tidak ada yang ada itu sewa perahunya mas..
      Saat itu saya bayar 650 ribu perorang untuk paket 3 gili sudah termasuk makan, mungkin bisa jadi ada yang kurang dari harga itu tergantung nego di tempat.

      Demikian,
      Hormat saya.
      Ade H S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas