Pantai Manganti, hidden paradise di Kebumen

Pantai Manganti, hidden paradise di Kebumen adalah pantai yang berhadapan langsung dengan tebing tinggi karena letak pantai yang berada di balik bukit. Pantai Manganti berada di Desa Kadangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen Jawa Tengah. Untuk mencapai pantai Manganti kami berangkat dari arah Purwokerto melewati Kemeranjen. Waktu tempuh kami dari Purwoketo kurang lebih 3 jam tergantung kondisi kepadatan jalan.

Jalur dan kondisi jalan menuju Pantai Manganti, hidden paradise di Kebumen cukup menantang karena harus melewati jalan tanjakan dan turunan curam disertai tikungan patah dengan jalur hanya 2 mobil saja. Saya sarankan kondisi mobil ataupun motor harus dengan kondisi fit (rem, kopling, air radiator harus dicheck) karena ketika saya kesana banyak mobil yang mogok dan tidak kuat nanjak..nah harus siap didorong atau di ganjel… alhamdullilah kendaraan kami fit jadi tidak terjadi hal yang menghambat.

Lokasi pantai Manganti berada setelah pantai Ayah, salah satu pantai wisata di Kebumen. Memasuki lokasi wisata pantai Manganti banyak tempat berkesan diantaranya bukit untuk melihat matahari tenggelam dan lainnya. Tiket masuk ke lokasi pantai Manganti sekitar Rp. 10.000/orang dan untuk parkir kendaraan terpisah.

Ditempat ini lokasi parkir kendaraan ada di pinggir pantai dekat warung makan yang berjejer sepanjang pantai… jadi tak perlu khawatir laper asal bawa uang cukup yaa. Sarana lainnya yang ada di pantai Manganti adalah kamar mandi dan toilet sudah pasti ada dengan tarif Rp. 2000.. jika lupa membawa baju ganti…disini juga ada penjual baju dan celana yang harganya kisaran Rp 70.000 ~ Rp. 50.000 dan harus pintar tawar yaa… bagus kok bajunya saya aja beli. Pantai Manganti ini mulai beroperasi mulai jam 08.00 WIB s/d 18.00 WIB. Tempat ini ramai di hari sabtu/minggu dan hari libur nasional.

Pantai Manganti, hidden paradise di Kebumen adalah pantai di sebelah selatan pulau Jawa sehingga ombak dipantai ini besar sehingga berbahaya untuk berenang. Untuk menikmati air laut terdapat beberapa lokasi bermain diantara karang besar yaitu permainan papan yang disewakan Rp 10.000/papan. Pantai Manganti mulai dikenal masyarakat luar Kebumen sejak dibukanya akses ke pantai ini tahun 2011 oleh pemerintah setempat.

KeasrianĀ Pantai Manganti, hidden paradise di Kebumen, masih dapat saya lihat diantaranya masih ada trumbu karang hidup dan banyak satwa air di celah celah batu besar dan ikan ikan kecil dikolam karang.. entah sampai kapan karang hidup itu akan bertahan karena akan banyak pengunjung yang tanpa sengaja menginjaknya dan berakibatkan karang itu mati… Hati hati ketika berjalan di batu karang karena banyak sekali bulu babi yang berukuran besar dan kecil selain itu juga batunya licin.

Suasana sore hari dipantai ini akan semakin asik ketika sambil minum air kelapa muda dan makan ikan bakar bersama keluarga. Pengunjung juga dapat menggelar tikar dan makan sambil melihat kearah laut yang berombak besar. Pasir di pantai ini tidak terlalu luas namun pemandangan indah dengan tebing tinggi kokoh membentang menghadap laut di pantai Manganti ini akan selalu diingat.

Yuk kita kunjungi pantai indah di Kebumen ini dan selalu menjaga kebersihan tempat yang kita kunjungi. Selamat berlibur..

Penulis.
Ade Haris S (lalerijo.com)

One thought on “Pantai Manganti, hidden paradise di Kebumen

  1. Pingback: Pesona Taman Nasional Baluran di Jawa Timur - lalerijo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *