Wisata ke pancuran 7 Baturaden

Liburan akhir tahun 2018 saya dan keluarga mengunjungi tempat wisata ke Pancuran 7 Baturaden. Pancuran 7 adalah salah satu objek wisata di Kabupaten Banyumas. Pancuran 7 adalah pancuran dimana air panasnya bersumber dari Gunung Slamet.

Untuk mencapai tempat wisata ke Pancuran 7 Baturaden tersebut saya melalui Kebun Raya Baturaden dengan menggunakan kendaraan roda 4. Jalan akses ketempat tersebut separuh berjalan beraspal halus sedangkan sisanya aspalnya terkelupas.

Tiket masuk tempat wisata ke Pancuran 7 Baturaden ada dua jenis tiket yaitu tiket terusan dan tiket reguler. Tiket terusan adalah tiket yang dapat dipergunakan ke wahana wisata lainnya selain Pancuran 7 sedangkan tiket reguler hanya berlaku untuk satu tempat wisata saja.

Harga tiket masuk terusan sekitar Rp. 23.000/orang + Tiket Parkir kendaraan Rp. 10.000
Harga tiket masuk reguler (hanya Pancuran 7) Rp. 5.000/orang + Tiket parkir kendaraan Rp.10.000.

Wisata ke Pancuran 7 Baturaden meski bukan yang pertama bagi kami, tempat ini nyaman di kunjungi karena udara yang segar dan sejuk. Tempat wisata ini beroperasi dari Senin ~ Minggu dengan jam operational 08.00 ~ 18.00 WIB.

Teman-teman yang ingin berkunjung wisata ke Pancuran 7 Baturaden ini juga dapat menggunakan sepeda motor atau pun dengan kendaraan angkutan umum dari lokawisata baturaden sampai gerbang Pancuran 7. Jalur yang akan dilalui menuju gerbang Pancuran 7 cukup mengasikkan.. jalan berkelok dan dimelintasi hutan.

Ditempat ini udaranya dingin dan berkabut jika menjelang sore bahkan hujan. Sampai di depan gerbang saya dan keluarga hanya menujukan tiket terusan tadi. Jalan menuju Pancuran 7 adalah jalan yang menurun dan bertangga.

Sampainya kami di lokasi, kami menuju pancuran air panas yang mengandung belerang, ditempat itu ada 7 lubang air panas makanya disebut pancuran 7. Saya menyempatkan merendam kaki di aliran air. Bagi temen teman yang mau coba luluran pake belerang di badan maupun muka ada tempatnya. Cukup bayar Rp.10.000 teman teman dapat luluran belarang.

Air panas yang keluar dari lubang ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit dan cape-cape. Ada juga kolam untuk berendam air panas. Saya menyempatkan foto-foto di depan pancuran tersebut.

Wisata ke Pancuran 7 Baturaden tidak hanya beredam air panas tapi juga pemandangan pegunungan kaki gunung Slamet. Ditempat ini juga terdapat goa yang letaknya di bawah sehingga untuk ketempat itu kami harus turun kembali melalui anak tangga.

Goa tersebut bernama goa Selirang. Goa yang berada di balik tebing yang didepannya mengalir air terjun panas. Tempat ini juga sangat asik untuk mandi seperti shower air panas. Tebing goa yang berwarna kuning. Warna kuning yang sebabkan air yang mengandung belerang. Disisi kiri dan kanan ditumbuhin lumut dan pohon yang berwarna hijau.

Setelah puas kami menikmati pemandangan dan suasana dengan udara yang segar kami pun kembali ke kota Purwokerto. Oh yaa… bagi teman teman yang ingin menginap di sekitaran Baturaden banyak hotel dan villa dengan kisaran harga Rp.200.000 s/d Rp. 1.000.000 tergantung fasiltas yaa.

Banyak tempat wisata di Baturaden ini seperti curug dan tempat wisata keluarga lainnya.
Jadi kalo sedang berkunjung ke Purwokerto atau Banyumas coba deh mampir ketempat ini.
Yuuk berkunjung ke Purwokerto.

Penulis
Ade Haris S (lalerijo.com)
“Semua tempat berkesan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas