Curug Jenggala, Kalipagu Baturraden, Jawa Tengah

Kunjungan wisata dibulan akhir bulan tahun 2017 ini, kami mengunjungi beberapa tempat wisata di sekitaran Baturraden salah satunya adalah Curug Jenggala, Kalipagu Baturraden, Jawa Tengah. Kami melalui desa wisata Ketengger, kami melaju dari arah kota Purwokerto naik mengikuti jalur wisata Baturraden. Terdapat gapura selamat datang di desa wisata Ketengger di sebelah kiri jalan.

Curug Jenggala, Kalipagu Baturraden, Jawa Tengah terletak di kaki Gunung Slamet dan berada 30 menit dari curug Bayan. Menuju Curug Jenggala, kami masuk dari jalan depan curug Bayan terus naik hingga mentok, pengunjung dapat menggunakan kendaraan motor atau mobil dan memarkirkan kendaraan di rumah rumah warga, selanjutnya kami melanjutkan dengan naik ojek Rp 20.000/ojek PP atau bisa juga jalan kaki sejauh 1.5 km dengan jalan turun naik. Kondisi jalan terawat dan rapih karena area ini masuk kawasan PLTA Ketengger. Tarif untuk masuk ke kawasan curug Jenggal sebesar Rp. 5000/orang dan tarif parkir sebesar Rp 10.000/kendaraan.

Pemandangan dan udara menuju Curug Jenggala, Kalipagu Baturraden, Jawa Tengah bagus dan sejuk, kami dapat melihat kota Purwokerto dari ketinggian dan hutan gunung Slamet yang lebat.

Setelah turun dari ojek kami melanjutkan menuju area curug dengan berjalan kaki sekitar 500 meter. Sepanjang jalan menuju area Curug Jenggala, Kalipagu Baturraden, Jawa Tengah banyak taman dan area spot foto yang bagus dan sayang untuk dilewati. Curug Jenggala mulai buka jam 07.00 WIB s/d 17.00 WIB. Jika teman-teman ingin lanjut ke pancuran 7 juga bisa melalui jalan ini tapi dengan jalan kaki sekitar 1 km melintasi hutan.

Di jalan menuju Curug Jenggala, Kalipagu Baturraden, Jawa Tengah bersih dan terawat dengan ditanami rumput begitu juga aliran air dengan batu batu yang tampak rapih sehingga jika teman teman membawa anak kecil bisa bermain air di tepi aliran air. Tempat ini juga disediakan kamar ganti, mushola dan toilet. Airnya dingin banget seperti air kulkas.

Kami tiba didepan Curug Jenggala, Kalipagu Baturraden, Jawa Tengah sekitar jam 16.00 dan kebetulan kondisi area depan curug Jenggala sudah sepi sehingga kami dapat menikmati spot foto tanpa harus bergantian. Begitu melihat curug dengan 3 aliran air besar lelah kami hilang, ternyata keren banget pemandangannya. Area depan curug tertata rapih dan bersih. Taman kecil dengan tanaman warna warni dan suara burung dengan udara seger membuat kami senang sampai di tempat ini.

Curug Jenggala, Kalipanggu Baturraden, Jawa Tengah tergolong curug dengan debit air yang deras sehingga pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang di dekat curug dan aliran airnya pun kencang dan dalam dengan batuan besar serta licin sehingga untuk bermain air di aliran air harus berhati hati. Terdapat papan peringatan bagi para pengunjung jika kondisi hujan atau mendung untuk tidak dekat di aliran air curug.

Keindahan dan keasrian suasana Curug Jenggala, Kalipagu Baturraden, Jawa Tengah harus tetap dijaga kebersihan oleh semua pihak termasuk pengunjung dengan tidak membuang sampah, merusak taman dan mencoret-coret. Yuukk kunjungi tempat keren ini.

Penulis
Ade Haris S (lalerijo.com)
Semua tempat berkesan

One thought on “Curug Jenggala, Kalipagu Baturraden, Jawa Tengah

  1. Pingback: Wisata ke pancuran 7 Baturaden - lalerijo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *