Goa bawah tanah yang bersinar warna warni

Shared it to you
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Goa bawah tanah yang bersinar warna warni inilah yang merubah pikiran saya dan keluarga ketika masuk ke dalam goa pastinya gelap, seram, pengap dan lembab tapi di tempat wisata ini, kesan itu semua tidak ada bahkan menyenangkan untuk berlama lama di dalam goa ini looh.

Naah…, goa bawah tanah yang bersinar warna warni yang dimaksud adalah Goa Lawa (kelelawar). Goa Lawa terletak di Purbalingga, desa Siwarak. Goa alam ini terbentuk akibat aliran/jalur lava gunung dan sekarang dijadikan tempat wisata bawah tanah yang indah. Tempat wisata ini aman untuk anak kecil karena tidak ada tanjakan dan turunan curam.

Goa Lawa Purbalingga
Ruang didalam Goa Lawa

Menurut data, Goa Lawa memiliki panjang 1200 meter, awal pengerukan/pembersihan goa pada 1 Desember 1978. Di dalam goa terdapat ruang ruang goa yang luas, aliran air dan tetesan air. Jalur wisata di dalam goa landai dan tidak licin.

Kesan goa yang gelap, pengap, becek telah diubah menjadi tempat wisata yang menyenangkan bagi pengunjung bahkan di dalam goa ini terdapat kafe bagi pengunjung. Tebing Goa berkilau sinar warna warni karena di beri lampu hias yang membuat tebing goa menjadi indah.

Goa bawah tanah yang bersinar warna warni

Lubang masuk goa tidak begitu besar namun di dalam goa banyak lorong dan ruang yang luas sekali diantaranya Ruang Balai Pertemuan Agung, menurut cerita ruang ini memiliki fungsi sebagai ruang pertemuan dan bermeditasi.

goa bawah tanah yang bersinar warna warni

Di dalam goa terdapat telaga dan aliran air. Ada sumber air yang memiliki khasiat dan bermanfaat bagi yang mencuci muka di tempat ini, namanya pancuran tersebut Sendang Drajat.

Jalur didalam goa di warnai lampu

Wisatawan harus mengikuti jalur yang telah diberi tanda saat di dalam goa. Ada petugas di dalam goa yang akan mengarahkan pengunjung dan menginformasikan ruang-ruang di dalam goa.

Goa bawah tanah

Berikut tempat yang memiliki cerita sejarah :
1. Sendang Derajat
2. Waringin Seto
3. Telaga Kumala
4. Goa Ratu Ayu
5. Goa Dada Lawa

Tiket masuk dan Jam Operasional :
Jam Operasional 07.00 ~ 17.00 WIB setiap hari
Tiket masuk Rp. 20.000 Senin Jumat~ Rp 25.000 Sabtu~minggu
Fasilitas :
Mushola
Area Kendaraan luas
Warung makanan dan Souvenir
Toilet

Menuju lokasi wisata ini, saya berangkat dari Purwokerto ke Goa Lawa waktu tempuh sekitar 2 jam. Letak Goa Lawa sekitar 25 km dari kota Purbalingga. Jalan menuju ke Goa Lawa bagus dan pemandangan sawah dan Gunung Slamet tergantung akses jalannya.

Goa bawah tanah yang bersinar warna warni

Tempat wisata ini banyak pedagang yang menjual nanas madu. Nanas kecil dengan rasa yang manis… Harga nanas yang di tawarkan sekitar Rp. 15.000/5 pcs.

Meski masih dalam kondisi Covid 19… Tetap selalu mencuci tangan sebelum makan, memakai masker dan hindari berkerumun.
Yuuk, kita berwisata yang aman dan sehat dengan tidak membuang sampah sembarangan dan selalu 3M.

Penulis
Ade Haris S
lalerijo.com
“Semua tempat berkesan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *