4 Candi Budaya Indonesia Yang Mendunia Di Tanah Jawa..

Shared it to you

Assalamualaikum,

Hai teman-teman, di bulan May ini saya dan keluarga mengunjungi 4 candi budaya Indonesia yang mendunia di tanah Jawa. Dalam masa libur Idul Fitri 1443 H. kami berwisata ke Jogjakarta dan Jawa Tengah.
Selain berlibur, saya juga mengajak anak saya untuk mengenal dan mengetahui candi-candi bersejarah yang telah mendunia. Berikut beberapa candi yang kami kunjungi :

1. Candi Borobudur
Candi Borobudur terletak di Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi Borobudur adalah candi Buddha terbesar. Candi ini diperkirakan didirikan pada masa Dinasti Syailendra di Pemerintahan Samaratungga tahun 782 ~ 812 Masehi.
Luas dasar candi 123 x 123 meter, tinggi 35 meter.

Candi Borobudur pertama kali ditemukan pada tahun 1835 dimana saat ditemukan dalam bentuk reruntuhan batu dan dipenuhi pepohonan. Candi Borobudur telah beberapa kali mengalami pemugaran, pemugaran pertama tahun 1907 ~ 1911, pemugaran selanjutnya tahun 1973 ~1983.

Tiket masuk kawasan wisata Candi Borobudur
Anak umur 0 ~ 2 tahun Gratis
Anak umur 3 ~ 10 tahun Rp. 25.000
Dewasa 11 tahun ke atas Rp. 50.000
Jam Operasional 07.00 ~ 16.30 WIB

Candi Borobudur
4 Candi Budaya Indonesia Yang Mendunia Di Tanah Jawa..


2. Candi Kalasan

Candi Kalasan terletak di Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, tepatnya di Jalan Raya Yogya -Solo. Menurut catatan sejarah, Candi Kalasan adalah kuil yang dibuat untuk Dewi Tara. Pada awalnya candi ini bernama kuil Tarabhawarna.

Menurut catatan sejarah, Candi Kalasan ini mengalami perbaikan pada tahun 1938 – 1940, Tubuh candi berdenah berbentuk bujur sangkar dengan ukuran 16.5 x 16.5 m. Pelataran candi ini sangat bersih dan rapih. Letak candi yang berada di tengah perumahan dan dapat dilihat dari sisi jalan raya Jogja-Solo.

Tiket masuk candi Kalasan
Anak umur 0 ~ 10 tahun Gratis
Dewasa 11 tahun ke atas Rp. 15.000
Jam Operasional 07.00 ~ 16.30 WIB

4 Candi Budaya Indonesia Yang Mendunia Di Tanah Jawa
4 Candi Budaya Indonesia Yang Mendunia Di Tanah Jawa
Candi Kalasan

3. Candi Prambanan

Candi Prambanan telah menjadi daya tarik wisatawan lokal dan asing yang berkunjung ke Jogjakarta karena merupakan salah satu candi terbesar peninggalan Hindu di Indonesia yang dibangun ke 9 Masehi. Candi Prambanan terdiri dari beberapa candi diantaranya candi Garuda, candi Wisnu, candi Angsa, candi Nandi, candi Siwa.

Candi Siwa juga merupakan candi tertinggi di Indonesia dengan tinggi 47 m. Pemugaran Komplek candi Prambanan ini diresmikan oleh presiden Suharto pada 20 Februari 1993. Di komplek candi Prambanan ini masih banyak tumpukan batu candi yang belum disusun /dipugar.

Tiket masuk untuk wisatawan :
Wisatawan lokal dewasa : Rp 50.000
Wisatawan lokal anak-anak : Rp. 25.000
Jam operasional mulai pukul 08.00 WIB s/d 17.00 WIB.

4 Candi Budaya Indonesia Yang Mendunia Di Tanah Jawa
Candi Prambanan
4 Candi Budaya Indonesia Yang Mendunia Di Tanah Jawa

4. Candi Sambisari

Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke 9 Masehi dan ditemukan pada tahun 1966. Candi Sambisari mempunyai kesamaan dengan candi Prambanan yaitu latarbelakang keagamaan Siwaistis. Candi Sambisari mempunyai candi utama yang didalamnya terdapat Lingga Yoni, yaitu perwujudan dari Sakti (istri Siwa).

Berbeda dengan candi Prambanan untuk mencapai kedalam komplek candi Sambisari saya harus menuruni anak tangga. Candi ini dikelilingi tembok batu. Candi Sambisari adalah peninggalan zaman Mataram kuno. Penggalian dan pemugaran candi Sambisari membutuhkan waktu 21 tahun.

Lokasi candi berada di Kadirojo, Purwomartani, Kalasan kabupaten Sleman Jogjakarta. Untuk mencapai candi Sambisari dari kota Jogjakarta kurang lebih 12 km.

Harga tiket masuk ke dalam lokasi wisata candi Sambisari antara lain :
Wisatawan lokal : Rp. 5000
Wisatawan asing : Rp. 10.000
Candi Prambanan buka mulai pukul 07.00 WIB s/d 17.00 WIB.

4 Candi Budaya Indonesia Yang Mendunia Di Tanah Jawa
Candi Sambisari
4 Candi Budaya Indonesia Yang Mendunia Di Tanah Jawa

Naahh.. itulah 4 candi yang telah mendunia yang dapat dikunjungi saat berada di Jogjakarta dan Jawa Tengah. Orang luar negeri aja sudah banyak yang wisata ke tempat ini .. masa kamu belom, keren loh tempatnya.

Penulis
Ade Haris S (lalerijo.com)
“Semua tempat berkesan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.