Pesawat RI-001″SEULAWAH” Gunung Emas dari Aceh

Shared it to you
4133-Qhx-Mpp-Oz

Pesawat RI-001

Jalan-jalan saya kali ini berkunjung ke Tanah Rencong, Banda Aceh. Salah satu tempat tujuan wisata kali ini adalah melihat replika pesawat pertama yang dimiliki bangsa Indonesia. Banda Aceh memiliki banyak tempat wisata budaya dan sejarah, selain alamnya yang indah dan kulinernya yang terkenal seperti kopi dan mie, Banda Aceh juga memiliki sejarah penting bagi bangsa Indonesia salah satunya pesawat RI-001.¬† Pesawat RI-001 ini dapat kita lihat di Monumen Perjuangan RI-001 “SEULAWAH” Banda Aceh sedangkan pesawat RI-001 aslinya terdapat di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta. Monumen Perjuangan RI-001 yang dibangun oleh Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) sebagai rasa penghargaan terhadap perjuangan rakyat Aceh¬† menegakkan dan memperjuangkan kemerdekaan negara Republik Indonesia. Monumen Perjuangan RI-001 ini diresmikan oleh pada tanggal 19 Juli 1984 dan prasastinya di tandatangani oleh Marsekal TNI AU Bapak Sukardi dan Gubernur/Kepala Daerah Banda Aceh Bapak H.Hadi Thajeb.

Pesawat RI-001Pesawat RI-001 merupakan pesawat angkut (DAKOTA) pertama yang dimiliki oleh bangsa Indonesia di mana pembelian pesawat ini didapat dari sumbangan rakyat Aceh dengan mengumpulkan emas, dari situlah pesawat ini disebut juga pesawat “SEULAWAH” yang artinya Gunung Emas. Pesawat RI-001 ini merupakan cikal bakal berdirinya maskapai penerbangan di Indonesia.

Sejarah pesawat RI-001 bagi bangsa Indonesia sangatlah besar karena dengan pesawat ini bangsa Indonesia mempunyai maskapai penerbangan niaga pertama yaitu Indonesia Airways. Pesawat ini membuka jalur penerbangan pertama Sumatera-Jawa dan perjalan ke luar negeri yaitu Kalkuta India. Untuk pertama kali Pesawat RI-001 ini di regristrasi dan di komersilkan di Burma (Myanmar) dimana saat itu Pesawat RI-001 juga menjadi pesawat angkut di Burma pada tahun 1949.

Monumen Perjuangan RI-001 ini terletak di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh. Replika pesawat RI-001 ada tiga, yaitu di yang asli ada di Taman Mini Indonesia Indah-Jakarta, yang kedua ada di Lapangan Blang Padang-Banda Aceh, dan yang ketiga ada di museum Ranggon Myanmar.

Pesawat RI-001

Pesawat RI-001Pesawat RI-001Melihat dari sisi sejarah, sangatlah besar dan berat perjuangan dan pengorbanan bangsa Indonesia ini, Kini saya yang hidup di jaman kemerdekaan merasa bangga dengan bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia adalah negara yang besar dan indah. Yuuk datang ke museum sambil wisata juga belajar. Salah satunya Monumen Perjuangan RI-001 “SEULAWAH” di Banda Aceh.

Pengambilan (Copy paste) tulisan dan foto yang ada di dalam artikel ini tanpa ijin atau tanpa menjelaskan sumber (backlink) adalah hal yang tidak terpuji.

Penulis
Ade Haris S (lalerijo.com)
“Semua tempat berkesan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *