Minum Kopi di Rumah Kopi Ranin, Bogor Jawa Barat

Assalamualaikum.. Bulan ini saya berbagi pengalaman menikmati minum kopi di Rumah Kopi Ranin. Rumah Kopi Ranin terletak di belakang Kampus IPB Bogor Jawa Barat. Minum kopi di Rumah Kopi Ranin adalah akibat dari keingin tahu an kami tentang salah satu rumah kopi yang mahir membuat kopi menjadi minuman enak.


Rumah Kopi Ranin adalah tempat yang menyediakan minuman kopi nusantara dan makanan lokal dengan nuasa Jawa di Bogor Jawa Barat. Minum kopi di Rumah Kopi Ranin merasakan kenikmatan kopi dengan nuasa lokal.

Lokasi Rumah Kopi Ranin terletak di Jalan Alternatif IPB, Desa Cikarawang, Dramaga, Bogor. Perjalanan dari rumah kami sekitar 1.45 jam dengan menggunakan Jalan Tol Jagorawi lalu keluar pintu Tol Selatan lanjut ke Jalan Tol Bogor Ring Road dan keluar di Dramaga selanjutnya menyusuri jalan desa yang tidak terlalu lebar. Letaknya pun Hampir tidak tampak dari pinggir jalan.

Letak Rumah kopi berada di bawah area parkir kendaraan, Pengunjung harus melewati jalan taman yang menurun dengan tanaman di sisi kiri dan kanan. Disini juga terdapat rumah panggung kecil (Lumbung) tempat menyimpan kopi.

Suasana minum kopi di Rumah Kopi Ranin menjadi tambah nikmat ketika aroma kopi menyerebak di tempat kami duduk, karena dibelakang kami adalah tempat penggilingan kopi. Selain itu, suasana teras panggung rumah kayu yang terbuka juga menambah berlama-lama minum kopi dengan sambilan makan ringan seperti pisang goreng dan lain-lain.


Harga minum kopi di Rumah Kopi Ranin juga terbilang wajar dibandingkan cafee luar negeri. Kisaran harga sekitar (30 Ribu ~ 100 ribu). Di tempat ini juga saya memesan makan siang, kebetulan menu hari itu adalah sayur rebung. Wah mantap… anak saya jadi suka dengan sayur rebung. Pembayaran di tempat ini dapat menggunakan Kartu atau Cash.

Selain minum kopi di Rumah Ranin, kami juga berfoto di salah satu ruangan display yang instagramable. Pengunjung juga dapat memesan kopi bubuk untuk dibawa pulang. Kopi bubuk ini terlebih dahulu kita pilih sesuai selera, seperti Robusta, Arabika dll. Kisaran harga mulai dari 80 ribu hingga 200 ribu.

Pengunjung dapat menikmati minum kopi di rumah panggung atau pun di taman tergantung dari kondisi keramaian pengunjung yaaa… Nah bagi teman teman yang ingin coba datang ketempat ini saya pastikan puas dengan kopinya. Walaupun di desa, Rumah Kopi Ranin ini ramai pengunjung looh… Sebelum masuk pengunjung harus cuci tangan dan wajib pakai masker.

Yuuk coba deh niih produksi lokal..Tetap jaga jarak, stop buang sampah sembarangan yaaa

Penulis
Ade Haris S
lalerijo.com (Semua tempat berkesan)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *