Keunikan Dusun wisata Sade, Lombok

Berwisata ke Nusa Tenggara Barat khususnya pulau Lombok tidak selalu bermain dipantai yang indah. Pulau Lombok memiliki daerah cagar budaya yang dipertahankan tradisi kebudayaannya. Tempat wisata budaya dan sejarah yang saya kunjungi berada di Lombok Tengah yaitu melihat Keunikan Dusun wisata Sade, Lombok.

Keunikan dusun wisata Sade, Lombok adalah kampung tempat tinggalnya orang dari suku Sasak, dimana perkampungan dengan rumah tradisional yang dipertahankan hingga sekarang. Dusun wisata Sade menjadi salah satu tujuan wisata wajib jika ke pulau Lombok.

> Lokasi wisata.
Kali ini saya berkunjung ke dusun wisata Sade di temani paklik dan bulik dan diantar driver/pemandu selama kami disana. Melihat keunikan dusun wisata Sade, Lombok yang berlokasi di salah satu dusun di desa Rembitan, Pujut, Lombok Tengah. Jarak tempuh dari Bandara Praya 10 km, prasana jalan atau akses ke dusun wisata Sade dengan kondisi yang bagus.

Posisi Dusun wisata Sade ini terletak disebelah kiri jika datang dari bandara. Lokasi parkiran kendaraan berada di seberang gerbang masuk. Terpampang tulisan besar Selamat Datang di Dusun Sasak di gapura yang berbentuk saung dengan atap jerami. Posisi parkir kendaraan di seberang jalan raya saya sarankan berhati-hati saat menyeberang dari parkiran ke gerbang masuk.
>. Atraksi
Keunikan dusun wisata Sade, Lombok diantaranya bentuk rumah yang tidak pernah berubah dengan atap jerami, Jumlah rumah di dusun ini juga tidak bertambah. Masuk kearea Dusun wisata Sade ini tidak ada biaya tiket resmi, namun ada kotak amal untuk kas desa dan nominal uangnya pun sukarela. Setelah masuk ke dalam dusun diarea depan terdapat balai pertemuan yang terbuat dari kayu dan rumah tradisional yang menjual pernak-pernik serta hasil tenun warga dusun. Dusun Sade adalah salah satu dusun yang di pertahankan kondisinya untuk kepentingan pariwisata.

Keunikan Dusun wisata Sade, Lombok, rumah suku Sasak mempunyai keunikan diantaranya, dinding terbuat dari ayaman bambu dan tiang rumah juga dari bambu, atap rumah adalah jerami yang ditumpuk rapat. Kondisi dalam rumah terbagi dua ruangan/bale yaitu Bale dalam yang merupakan ruang dapur, tempat menyimpan harta benda dan tempat ibu melahirkan sedangkan bale luar adalah ruang tidur. Lantai rumah ini adalah Kotoran ternak sapi yang diratakan dengan campuran jerami dan tanah liat, menurut cerita tour guide saya ini untuk mencegah nyamuk.

Keunikan dusun wisata sade, lombok yang lain adalah antar rumah tidak ada ada pembatas ini diartikan kebersamaan dan kerukunan antar warga dusun.

Keunikan Dusun wisata Sade, Lombok, di dusun ini warganya khususnya wanita diharuskan bisa memenun, mereka diajarkan menenun sejak umur 9 tahun, ini adalah untuk bekal mereka sebelum menikah. Tour guide saya juga menerangkan perihal penculikan wanita muda jika ada pria yang ingin menikahinya, ini adalah tradisi disana walaupun sekarang mulai berkurang.

Didalam dusun wisata Sade ini saya melihat hasil tenunan yang dijual oleh warga dusun, harga hasil tenun ini kisaran 400 ~ 500 ribu Rupiah. Jika kita ingin berfoto di tempat tenun ini juga diperbolehkan oleh tour guide.

Akhirnya kami jadi tahu salah satu keunikan dusun wisata Sade, Lombok, pulau dengan pesona alam dan budaya yang keren untuk dikunjungi. Yuukk datang dan kunjungi melihat keunikan Dusun wisata Sade, Lombok.

Stop buang sampah sisa snack sembarangan dan ikuti peraturan yang ada agar perjalan wisatanya lancar.

Penulis
Ade Haris S (lalerijo.com)
“Semua tempat berkesan”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *