Curug Ngumpet Gunung Salak

Curug Kondang

Curug Kondang atau Curug Ngumpet berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Jawa Barat.  Di kawasan wisata ini ada beberapa wisata curug, Kawah Ratu, Bumi perkemahan dan Pemandian air panas. Di antara Curug lainnya yaitu, Curug Seribu, Curug Pangeran, Curug Kondang 1, Curug Kondang 2, Curug Cigamea dan Curug Cihurang.

Disebut Curug Ngumpet karena posisi curug ini berada dipojok. Air di curug ini sangat jernih dan dingin, Dasar Curug berwarna gradasi hijau dan biru menandakan air di curug ini masih bersih dari polusi. Curug Ngumpet mempunyai ketinggian +/- 15 meter. DSC00740

Untuk menuju tempat ini dapat di tempuh melalui beberapa jalur yaitu dari Dramaga, Ciomas dan The Jungle Water Park. Ada 2 Pintu masuk kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak ini yaitu dari Gerbang Gunung Bunder dan Gerbang Gunung Sari Pamijahan.

Jika pengunjung masuk dari Gerbang Gunung Bunder, kita akan melitasi hutan pinus dan jika masuk dari Gerbang Gunung Sari Pamijahan kita akan melewati persawahan.

Curug KondangSetiap pengunjung yang akan masuk di kenakan biaya tidak lebih dari 10 ribu rupiah, dan tempat ini juga mempunyai tempat parkir motor yang luas. Untuk mencapai curug pengunjung harus berjalan sejauh 200 meter dengan jalan yang sudah di semen.

 

Tempat ini bersih dan terawat. Pengunjung yang membawa anak kecil seperti saya waktu itu cukup aman namun harus dalam pengawasan, pengunjung dapat bermain air di tepian curug namun tidak di perkenankan berenang ke tengah curug dan hendaknya pengunjung harus memperhatikan rambu-rambu larangan yang tertulis di tepi curug. Air curug yang bening, udara yang sejuk dan pemandangan hijau sekitar curug akan membuat pengunjung betah untuk main air dan foto-foto. Perlu diperhatikan tempat ini banyak batu besar dan licin jadi disarankan untuk berhati-hati dan mengikuti peraturan disana. Untuk keamanan di curug Ngumpet di dijaga oleh petugas yang akan mengawasi dan mengingatkan para pengunjung.

DSC00748Area curug ini tidak terlalu luas, tak jauh dari curug terdapat kamar mandi dan mushola. Tempat ini juga ada warung warung makanan kecil dan warung nasi dekat parkiran motor. Pengunjung yang membawa barang bawan seperti tas lebih baik dikumpulkan jadi satu dan di jaga oleh orang yang anda kenal agar tidak terjadi hal tidak diinginkan . DSC00787

DSC00792Pengunjung yang membawa makanan kecil dengan bungkus plastik mohon sampahnya tidak buang ke aliran sungai. Tanggung jawab kita bersama untuk menjaga kebersihan dan lingkungan.

Datang terkesan pulang berkesan. Yuk.. kita kunjungi tempat indah ini.

 

Ditulis oleh : Ade Haris S (lalerijo.com)

 

“Semua tempat berkesan”

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *