Curug Cigentis

Curug Cigentis

> Lokasi

Curug Cigentis adalah wisata alam yang terletak di Desa Mekar Buana, Karawang, Jawa barat letaknya di kaki gunung Sanggabuana berada di ketinggian kurang lebih 1000 m diatas permukaan laut masuk dalam wilayah pengelolaan Hutan RPH Gunungsari BKPH Purwakarta. Curug Cigentis yang memiliki ketinggian 25 meter merupakan  tempat wisata alam yang masih asri ini mungkin jarang didengar karena tidak terlalu populer. Konon Curug ini memiliki nilai sejarah tempat berkumpulnya para wali.
Lokasinya yang dekat dengan kota Jakarta sebenarnya asik untuk dikunjungi. Saat itu saya tidak sengaja menuju Curug Cigentis ini karena niatnya ingin makan buah duren di Jonggol bersama istri namun di daerah menuju Jonggol saya melihat papan iklan Kampung Turis dan saya pun memutuskan untuk pindah haluan untuk makan siang di Kampung Turis yang sebelumnya saya juga tidak tahu dan tidak direncanakan. Dari Jalur Jonggol saya mengikuti petunjuk menuju Kampung Turis. Akses jalan sudah beton dan pemandangannya juga bagus dengan panorama sawah dan gunung.

> Objek Wisata

Curug Cigentis
Sampai disana pengunjung yang ingin menuju Curug Cigentis ini harus menggunakan ojek warga dengan tarif 20 ribu per orang bisa ditawar atau dengan berjalan kaki. Pengunjung yang menggunakan kendaraan(motor atau mobil dan bis) tidak bisa naik langsung ke area curug dikarenakan 2 km dari gerbang curug jalannya masih jalan batu. Sampai gerbang pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah sudah termasuk asuransi , tempat ini buka dari jam 8 pagi hingga 5 sore dan tidak diperkenankan untuk berkemah. Di dalam lokasi curug ada warung makanan dan ruang ganti serta toilet untuk pengunjung. Saat saya berkunjung debit air tidak terlalu banyak sehingga hamparan batu kali jelas tampak.

curug cigentisLokasi yang tenang dan udara yang sejuk membuat kita nyaman untuk main air dan menikmati suasana dan foto-foto, meskipun demikian kita harus tetap berhati-hati dan menjaga keselamatan. Lingkungan sekitar curug yang masih sangat hijau dan rimbun sangat sayang jika kita datang dan mengotori dengan sampah plastik sisa snack dan coretan yang tidak penting. Kita datang dengan baik, pulang dengan kesan, tempat wisata ini tetap bersih. Yuk datang ke tempat ini.

 

Penulis : Ade Haris S (lalerijo.com)

“Semua tempat berkesan”

 

 

4 thoughts on “Curug Cigentis

    1. ade_haris Post author

      Kalo naik angkot.. saya tidak paham sepertinya harus nyambung-nyambung deh… mending naik motor bareng ama temen lebih asik tuh sebab jalannya dan pemandangannya bagus.

  1. Iyan Pcb

    kelihatan nya pemandangan masih asri sekali yah, masih di jaga ke elokan nya? Tetapi sayang untuk menuju lokasi, kalau saya sangat jauh, purwokerto – karawang.

  2. Pingback: 5 tempat wisata Air terjun dekat Jakarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *