Hal yang perlu diperhatikan sebelum pendakian di Gunung Gede

Shared it to you
4133-Qhx-Mpp-Oz

Saya akan membagi pengalaman hal yang perlu diperhatikan sebelum pendakian di Gunung Gede, Jawa Barat. Saat itu saya dan beberapa rekan kantor berencana melakukan rekreasi dengan mencoba keseruan pendakian di Gunung Gede. Walaupun ini bukan pertama kali bagi kami namun ini adalah pertama kali kali naik gunung bersama di Gunung Gede.

Gunung Gede selain tempat wisata pendakian pegunungan juga dijadikan tempat pengamatan berbagai jenis burung, tumbuhan obat, mamalia, reptile, serangga, amphibi, lumut

Hal yang perlu diperhatian sebelum pendakian di Gunung Gede antara lain kami telah mendaftarkan beberapa minggu sebelumnya dengan cara Online. Selanjutnya kami mendapat no regeristrasi dan mentranfer uang pendaftaran. Kami berangkat pada hari Jumat dari Bekasi sekitar jam 17.00 sore setelah selesai bekerja.

Sampai di area Cibodas sekitar jam 22.00 WIB kami menyewa penginapan untuk beristirahat dan pada jam 07.00 WIB pada hari Sabtu kami berangkat menuju tempat pendaftaran. Sebelum pendakian di Gunung Gede di mulai kami menuju tempat pendaftaran untuk menunjukan bukti pendaftaran dan dilanjutkan medical check up.

Hal yang perlu diperhatian sebelum pendakian di Gunung Gede juga pada saat medical Check up kami mengisi form lalu di periksa tekanan darah, kadar oksigen di tubuh, timbang badan oleh petugas kesehatan. Biaya pengecekan kesehatan sebesar Rp. 25.000/orang

Setelah pengecekan kesehatan selesai kami juga telah menyewa jasa porter untuk membawa perlengkapan kami. Jasa porter resmi telah kami booking beberapa hari sebelumnya biayanya Rp. 500.000. Bagi kami jasa porter berguna untuk meringankan barang bawaan kami sehingga pendakian di Gunung Gede bisa lebih santai. Porter juga bisa kami minta untuk mendirikan tenda di Kandang Badak lebih awal sehingga setibanya kami di Kandang Badak kami bisa langsung istirahat.

Setelah selesai proses administrasi dan check kesehatan kami menuju pos masuk. Di pos ini kami menyerahkan dokumen tadi dan kami mengisi form tentang barang bawaan. Di Pos ini petugas meminta kami untuk mengeluarkan barang yang tidak diperbolehkan seperti sampo, Sabun, deodoran, tissue basah atau barang yang mengandung zat kimia lainnya. Petugas juga melarang pendaki yang menggunakan sandal. Jadi hal ini harus disiapkan sejak awal sebelum pendakian di Gunung Gede.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum pendakian di Gunung Gede adalah untuk keselamatan pendaki dan mengurangi pencemaran lingkungan di Gunung Gede. Gunung Gede selain tempat wisata juga sebagai gunung konservasi binatang dan tumbuhan. Ini adalah tugas kita semua agar lingkungan di Gunung Gede dapat terjaga.

Pendakian di Gunung Gede sekitar jam 16.00 kami telah sampai di pos terakhir yaitu Kandang Badak. Kandang Badak adalah pos tempat istirahat untuk mendirikan tenda sebelum menuju Puncak Gunung Gede. Di Kandang badak sudah tersedia Mushola, Warung kecil dan Toilet umum.

Jalur pendakian di Gunung Gede favorit saya adalah ketika melewati tebing air panas. karena ditempat itu suhu dingin dan suhu panas bertemu sehingga menimbulkan uap air dan saya pun meredam kaki untuk menghilangkan lelah.

Selama di Kandang Badang dari jam 19.00 sampai dengan 02.00 hujan turun deras, namun menjelang subuh hujan telah reda. Sekitar jam 05.30 saya dan porter berangkat menuju Puncak Gunung Gede. Rekan rekan saya masih tidur…, Saya sampai dipuncak sekitar jam 07.30 WIB dan udara diatas cerah dan tidak berangin sehingga aroma belerang tidak begitu menyengat.

Pendakian di Gunung Gede saya akhirnya sampai di puncak, suasana hati menjadi semangat lagi melihat pemandangan indah jelas terlihat, Gunung Pangrango, Lembah Surya kencana, Sukabumi dan Bogor jelas terlihat. Lelah kaki pun terbayarkan …Alhamdullilah bisa ke puncak Gunung Gede lagi.. karena terakhir ke sini saat masih STM.

Pendakian di Gunung Gede, saya puas menikmati pemandangan, karena saya belum sarapan saat berangkat saya menikmati mie instan dan beberapa gorengan dan teh manis. Cukup untuk memulihkan tenaga. Sekitar jam 0830. saya kembali ke Kandang Badak dan sampai sekitar jam 09.30 WIB.

Kami berkemas dan meninggalkan Kandang Badak jam 10.30 WIB dan sampai Cibodas jam 16.00 WIB dan kembali ke Bekasi. Ohh ya bagi teman teman yang membawa kendara mobil atau motor, area parkir ada di dekat Kantor Mandalawangi dan warung-warung sekitar. Warung nasi juga ada yang buka 24 jam di area ini jadi tidak perlu khawatir jika ingin makan.

Penginapan juga banyak sekitaran jalan menuju Cibodas tarifnya sekitar Rp. 300.000 s/d Rp. 500.000, atau mau menginap di warung makan juga bisa juga bisa.

Gunung Gede adalah laboratorium konservasi satwa dan tumbuhan jadi jika teman-teman ingin mendaki atau berwisata di tempat ini, harus jaga kebersihan dan mengikuti aturan yang ada. Bawa sampah kembali yaa setelah kamping di gunung. Selamat liburan.

Pengambilan (Copy paste) tulisan dan foto yang ada di dalam artikel ini tanpa ijin atau tanpa menjelaskan sumber (backlink) adalah hal yang tidak terpuji.

Penulis

Ade Haris S (lalerijo.com)