Shared it to you
4133-Qhx-Mpp-Oz

Assalamualaikum, bulan Oktober ini saya dan istri berkunjung ke Sulawesi Utara. kami berkunjung kebeberapa lokasi wisata yang ada di gunung dan laut. Alhamdullilah kami diberi kesempatan untuk berkunjung ke Timur Indonesia. Check ya.. 6 tempat wisata pegunungan terpopuler di Manado.

6 tempat wisata pegunungan terpopuler di Manado

Kesan saya ketika melihat dari atas pesawat sangat wow. Pegunungan yang hijau, laut dengan degradasi warna biru yang jernih dan terlihat Gunung Manado Tua. Perjalanan dari bandara Soekarno Hatta ke bandara Sam Ratulangi sekitar 3 Jam.

Kami menginap di kota Manado, sekitar 13.8 Km dari bandara dengan menggunakan taksi dengan biaya sekitar Rp. 70.000.

Kami menyewa kendaraan untuk berwisata di beberapa tempat wisata, biaya sewa kendaraan sebesar Rp. 1.6 Jt dengan rincian include Driver+Makan+Tiket+Bensin.

Berikut 6 tempat wisata pegunungan terpopuler di Manado yang kami kunjungi.
1. Bukit Tetetana.
Bukit Tetetana berada di Kabupaten Minahasa. Waktu tempuh dari kota Manado sekitar 1 jam. Bukit Tetetana buka mulai jam 08.00 ~ 17.00 WIB.

Bukit Tetetana

Lokasi yang tinggi sehingga kondisi cuaca dapat berubah dari cerah tiba-tiba berkabut. Kami dapat melihat pemandangan view kota, laut dan perbukitan. Jalan menujun lokasi wisata berliku-liku dan kecil dengan pemandangan perkebunan dan hutan.

Bukit Tetetana nyaman untuk menikmati pemandangan sambil minum kopi dan makan pisang gohoro. Pisang gohoro adalah pisang goreng dengan sambel… dah pernah coba blommm..? ini adalah khas Manado.

Bukit Tetetana

Hamparan rumput dan tanaman bunga warna warni makin bikin betah di lokasi ini.

2. Danau Tondano
Danau Tondano menjadi destinasi wisata kedua setelah Bukit Tetetana. Gunung dan bukit mengelilingi danau terluas di Sulawesi Utara ini. Di lokasi wisata ini banyak terdapat keramba ikan dan restoran. Ikan goreng dan bakar menjadi menu utamanya.

Danau Tondano

Restoran mengambil ikan dari keramba yang ada di sekitarnya. Kami makan siang di salah satu restoran di tepi danua ini. Danau ini juga dijadikan sebagai mata pencarian warga setempat dengan mencari ikan atau pun ternak ikan.

Tempat wisata ini buka 24 jam. Jarak tempuh dari bukit Tetetana ke Danau Tondano sekitar 1 jam.

3. Danau Linow
Danau Linow adalah danau vulkanik dan air danua ini dapat berubah warna. Lokasi danau ini terletak di Tomohon. Di tempat ini terdapat sumber panas bumi dan sumber air panas.

Danau Linow

Bukit dengan rimbunan pohon hijau mengelilingi sisi danau dan terlihat kebulan asap uap panas menghiasi danau ini. Kami mengikmati panorama ini di salah satu resto. Udara ditempat ini juga sejuk karena lokasinya yang berada di lingkungan bukit.

Tiket Masuk ke lokasi wisata ini sekitar Rp. 35.000 (sudah termasuk voucher minuman)
Jam Operasional mulai jam 11.00 WITA ~ 20.00 WITA

Tempat disekitar danau juga tersedia area untuk bagi yang suka kemping di sisi danau.

4. Kampung Jawa
Kami mampir ke salah satu masjid di Kampung Jawa. Driver kami menerangkan sejarahnya kenapa disebut Kampung Jawa, dimana awalnya ketika pengasingan Pangeran Diponegoro dengan pengikutnya. Disana pula terdapat masjid tertua di Kabupaten Minahasa.

Masjid Al-Falah Kampung Jawa

Masjid ini bernama Masjid Al-Falah Kyai Mojo. Kampung Jawa masih mempertahankan tradisi yang ada di Pulau Jawa hingga saat ini.

Masjid Al-Falah

5. Makatete Hill
Tempat selanjutnya adalah Makatete Hill. Tempat ini ramai dikunjungi menjelang sore hari. Ditempat ini kita dapat melihat view kota dan matahari terbenam. Maktete Hill adalah sebuah resto yang memiliki view bagus.

Makatete hills buka sampai jam 20.00 WITA
Tiket masuk : Rp. 10.000
Lokasi di Kabupaten Minahasa

6. Taman Bunga Pelangi
Taman Bunga Pelangi berada di Tomohon. Lokasi wisata ini adalah taman bunga dengan view latarbelakang gunung Lokon. Tempat ini juga berupa resto dengan taman bunga yang luas.

Udara ditempat ini juga sejuk. Kami berniat untuk berfoto dengan latarbelakang gunung Lokon namun harus menunggu cuaca cerah sebab kabut tebal menutupi gunung ini.

Taman Bunga Pelangi

Tiket masuk area wisata ini Rp. 10.000
Jam Operasional : Jam 10.00 WITA ~ 18.00 WITA

Itulah 6 tempat wisata pegunungan terpopuler di Manado yang kami kunjungi. Meski jauh saya puas berwisata di Manado dan ini menambah pengalaman berwisata di Timur Indonesia bagian selatan. Semoga informasi ini dapat menjadi referensi temen temen yang ingin pergi ke Manado.

Bagi temen-temen yang suka menulis artikel wisata seperti saya dan ingin punya website sendiri. Berikut link Niagahoster Bebas bikin website apa saja dengan Unlimited Hosting

Yuuk.. kita berwisata.

Penulis
Ade H S (lalerijo.com)
“Semua tempat berkesan”
“Senang jalan jalan”

Note :
Pengambilan (Copy paste) tulisan dan foto yang ada di dalam artikel ini tanpa ijin atau tanpa menjelaskan sumber (backlink) adalah hal yang tidak terpuji.