Tempat wisata di Bandung – Stone Garden

IMG_20151107_151526

IMG_20151107_153221Banyak sekali tempat wisata di Bandung, salah satunya Stone Garden (Taman Batu) yang terletak di Gunung Pawon, Desa Gunung Masigit Kecamatan Cipatat, Kab.Bandung Jawa Barat. Tempat wisata ini termasuk kedalam Taman Geo Park.

Stone Garden atau Taman Batu merupakan Gunung dasar laut dangkal purba yang diperkirakan oleh para ahli Geo berusia 27 juta tahun yang diperkuat temuan fosil binatang koral. Stone Garden Berada diketinggian 700 meter diatas permukaan laut.

Untuk mencapai tempat wisata di Bandung ini, bagi pengunjung yang mengunakan mobil, ambil keluar tol Padalarang dan silahkan mengikuti jalur sejauh 3 km, namun hati-hati terlewat karena petunjuk ke tempat ini hanya papan. Posisi tempat ini ada di sebelah kanan jalan dan masuk jalan kecil namun akses jalan sudah dibeton. Patokannya jika lewat dari tol Padalarang adalah setelah melewati Situ Ciburuy. Silahkan search di Google Map (GPS) dan arahkan ke Cipatat, Gunung Masigit.

Untuk menuju Stone Garden ada dua cara yaitu masuk dari pintu gerbang Goa Gunung Pawon dengan berjalan kaki dan mendaki sepanjang 1.5 KM dan cara kedua dengan menggunakan mobil menuju Stone Garden. Pengunjung yang mengajak anak balita antara 3 ~ 5 tahun disarankan pilih cara yang kedua agar aman tapi tetap harus dalam pengawasan orang tua seperti saat itu saya mengajak kedua anak saya.

Fasilitas parkir telah ada dan untuk menuju ke loket pengunjung harus berjalan 200 meter dari area parkir, Tarif masuk tidak lebih dari Rp. 10.000 dan pengunjung harus mengisi buku tamu. Pengunjung juga dapat melihat parkiran mobil dari atas gunung loh.

Stone Garden Bandung

Stone Garden mungkin belum terlalu populer atau terkenal dibanding tempat wisata di Bandung lainnya. Tempat ini menawarkan suasana yang berbeda yakni hamparan batu karst dengan berbagai ukuran yang akan membuat pengunjung serasa diluar bumi. Tempat wisata ini berada di atas gunung namun tidak perlu khawatir ini bukan pendakian terjal tapi landai dan sudah tertata rapih, sampai diatas pengunjung dapat merasakan sensasi panorama pegunungan dan menjelang sore akan turun kabut membuat suasana menjadi lebih indah. Kawasan Garden Stone ini seluas 2 hektar dengan hamparan batu gamping yang letaknya tak beraturan

Tempat ini sering dijadikan untuk foto pre wedding dan bagi yang suka foto foto dengan suasana yang berbeda disinilah tempatnya karena banyak spot yang bagus. Pengunjung diharapkan menggunakan sepatu tapi tidak High hill yaa..karena di antara bebatuan adalah tanah jika hujan tanahnya akan nempel. Tempat ini buka untuk pengunjung umum hingga jam 5 sore.

Stone Garden

Tempat ini aman untuk membawa anak yang sudah berumur 3 tahun. Pemandanga bukit kapur dan gunung di sekitar lokasi membuat tempat ini bernuasa lain dari pada tempat lainnya. Tempat terbuka dengan hamparan batu menjadi khas tempat ini.

stone garden

Garden stone

Saya mengajak untuk datang dan jaga tempat wisata di Bandung ini dengan tidak membuang sampah sembarangan serta tidak corat coret di batu.

Yuk kita kunjungi dan lestarikan tempat indah ini agar dapat berkembang dan membangun desa sekitarnya. Sebarkan informasi ini keteman-teman yaa.

Penulis : Ade Haris S (lalerijo.com)

“Semua tempat berkesan”

5 thoughts on “Tempat wisata di Bandung – Stone Garden

  1. pris

    perasaan saya saja atau memang tempatnya tidak lagi “hijau” ya mas? taman batu, memang batu2 sih, tapi kalau browsing, muncul batu2 itu di bukit2 hijau..
    saya rencana kesana minggu ini heheh. terima kasih sharingnya!

    1. ade_haris Post author

      terima kasih Pris, Stone Garden (Taman Batu sedikit pohon besarnya..rumput banyak … saran saya pake sepatu yaa tidak pake sandal jepit karena kalo habis ujan tanahnya licin dan nempel disepatu…. lebih baik mampir dulu ke GOHA PAWON lalu stone gargen… satu area. Stone GArden di atasnya Goha Pawon… bisa jalan kaki dari Goha PAwon ke Stone Garden kurang lebih 45 menit jalannya nanjak…

      Selamat jalan jalan yaaa

    1. ade_haris Post author

      Selamat malam..
      Mas Wisnu maaf baru balas.. saat itu saya menggunakan kendaraan pribadi. Mungkin ada dari padalarang yang kearah cianjur mas… tapi tidak ada yang masuk kedalam lokasi harus lanjut pake ojek.
      Asik nya naik motor mas… Petunjuk lokasi hanya tulisan kecil dipapan. Kalo dari padalarang adanya di sebelah kiri jalan setelah melewati Situ.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *