Tempat wisata asik di Pangandaran, Jawa Barat

Kali ini saya dan keluarga mengunjungi tempat wisata asik di Pangandaran, Jawa Barat. Letak geografis Pangandaran yang berada di dataran tinggi yang berupa pegunungan dan pesisir pantai samudera hindia di sebelah selatan. Pangandaran terletak di Jawa Barat yang berbatasan dengan Kabupaten Ciamis dan kota Banjar disebelah utara dan juga Kabupaten Cilacap di sebelah timur.

Pangandaran menjadi Kabupaten setelah pemekaran wilayah di Jawa Barat, yang sebelumnya Pangandaran masuk ke wilayah kabupaten Ciamis. Waktu tempuh kami dari Jakarta hingga Pangandaran selama 10 jam dengan mengunakan kendaraan pribadi melewati jalur selatan, Jakarta – Bandung – Garut – Tasikmalaya – Ciamis – Banjar – Pangandaran.

Untuk menuju Pangandaran dapat mengunakan transportasi umum yaitu dengan Bus AKAP, dan Kereta api. Jika teman dari Jawa Tengah, Bandung, Bekasi, dapat menggunakan Bus AKAP ini atau jika ingin menggunakan kereta api bisa mengunakan ke jurusan Banjar.

> Wisata.
Tempat wisata asik di Pangandaran, Jawa Barat adalah obyek wisata air karena terletak di antara pegunungan dan pesisir pantai. Untuk wisata pengunungan teman-teman bisa menikmati wisata Green Canyon, tempat wisata ini menjadi primadona di Pangandaran. Untuk ke obyek wisata Green Canyon saya sarankan harus datang ke pos pemberangkatan pagi hari agar tidak mengantri lama.

Untuk mencapai Green Canyon pengunjung harus menggunakan perahu motor dan jarak tempuhnya pun lumayan lama, maka dari itu saya menganjurkan datang lebih awal agar lebih nyaman. Pos pemberangkatan ke Green Canyon buka jam 8 pagi tutup jam 4 sore. Di Green Canyon banyak aktifitas wisata disana seperti body rafting.

Selain Green Canyon obyek wisata pantai banyak terdapat di Pangandaran diantaranya yang saya kunjungi dengan keluarga yaitu Pantai Karangnini dan Batu Layar. Teman teman yang ingin berwisata pantai di Pangandaran tidak perlu cemas dengan penginapan. Di tempat wisata asik di Pangandaran sudah banyak hotel dan rumah penginapan.

Tarif penginapan di Pangandaran bervariasi sesuai fasiltas yang di sediakan, hotel kisaran tarif diatas Rp. 500.000/malam (bukan pick season/musim liburan) dan untuk rumah penginapan yang berupa kamar-kamar sekitar Rp. 150.000/malam s/d Rp. 300.000/malam. Saat itu saya menginap di rumah penginapan yang lumayan nyaman dan bersih sekitar Rp. 600.000/malam (pick season).

Tempat wisata asik di Pangandaran, Jawa Barat yang saya kunjungi pertama adalah

> Pantai Karangnini.

tempat wisata asik di Pangandaran, Jawa Barat

Pantai Karangnini adalah salah satu obyek wisata pantai yang ada di Pangandaran, Pantai Karangnini terletak di desa Emplak kecamatan Kalipucang, kurang lebih 83 Km dari Ciamis. Mungkin nama pantai Karangnini kurang populer dibandingkan obyek wisata pantai lainnya seperti Batu Hiu. Untuk menuju Pantai Karangnini kami harus melewati pegunungan yang merupakan hutan produksi PerHutani yaitu hutan jati.

Jalannya yang berkelok-kelok dengan pemandangan antara pegunungan dan laut bisa saya lihat selama perjalanan. Sekitar setengah jam dari jalur utama menuju pantai Karangnini. Kondisi jalan dengan aspal kasar dan muat 2 mobil. Di tempat obyek wisata pantai ini tersedia parkiran untuk kendaraan besar seperti Bus dan mobil pribadi juga motor.

Tarif tiket tempat wisata pantai Karangnini sebesar Rp. 10.000/orang. Sebelum melihat pantai Karangnini pengunjung akan melewati taman rumput dengan beberapa pohon khas pantai seperti pohon kelapa. Terdapat beberapa warung makanan dan minuman di area parkir dan di sekitar taman.

tempat wisata asik di Pangandaran, Jawa Barat

Taman tersebut berada diatas pantai sehingga untuk menuju pantai kami harus turun. Di taman ini terdapat beberapa saung yang dapat pengunjung gunakan. Suasana penggunungan sangat terasa di lokasi wisata pantai Karangnini meskipun ini adalah pesisir pantai, rimbunya pohonan membuat tempat ini tidak terlalu panas.

Saya pun menuju sisi pantai, pantai Karangnini tergolong pantai yang landai namun berombak besar. Tepian pantai ada tebing karang-karang besar yang menghiasi pantai ini, area pantai berpasir lembut dan bersih dan bersinggunangan langsung dengan hutan. Nah jika ingin sensai pantai bernuasa pegunungan silahkan datang ke pantai Karangnini.

> Batu Layar
Tempat wisata asik di Pangandaran, Jawa Barat yang kedua saya di Pangandaran adalah Obyek wisata Batu Layar. Obyek wisata Batu Layar ini menpunyai kisah cerita daerah, Batu Layar ini diceritakan adalah layar dari kapal putri Tandarun Cagang yang terdampar di pesisir Pangandaran. Batu ini memiliki tinggi kurang lebih 30 meter dengan lebar 2,5 meter. Wisata Batu Layar ini harus di tempuh dengan menggunakan perahu motor sekitar 20 menit dari pesisir pantai barat. Saya menyewa kapal tersebut dengan tarif Rp. 200.000 PP sudah termasuk snorkling. Batu Layar ini pernah menjadi icon Pangandara. Selain melihat Batu Layar pengunjung dapat snorkling di pinggir pantai ini.

tempat wisata asik di Pangandaran, Jawa Barat

Di dekat Batu Layar juga ada jajaran batu karang yang menyerupai buaya begitu kata pemandu perahu motor yang saya sewa. Saya juga melihat beberapa rumah apung tempat penangkapan ikan. Lokasi Batu Layar tidak mempunyai pantai yang landai sehingga perahu tidak dapat mendekat ke pantai. Tebing karang tinggi dan pohonan lebat membuat tempat ini menjadi hijau.

tempat wisata asik di Pangandaran, Jawa Barat

Saran saya jika ingin ke Batu Layar lebih asik pagi hari karena udaranya masih sejuk dan tidak terlalu panas dan carilah informasi dari warga setempat tentang tempat ini agar tahu lebih dan STOP buangĀ  sampah plastik sisa makanan ke laut yaaa. Tempat wisata bersih pengunjung juga betah.

Penulis
Ade Haris S (lalerijo.com)
“Semua tempat berkesan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *