Sensasi wisata di Penangkaran rusa Cariu

Minggu ini saya dan keluarga mengunjungi penangkaran rusa Cariu yang ada di Cariu Jawa Barat. Penangkaran rusa yang berada di deretan gunung Sanggabuana ini menarik saya untuk berwisata alam untuk merasakan sensasi wisata di penangkaran rusa Cariu dengan rusa yang dilepas bebas.

penangkaran rusa Cariu

penangkaran rusa Cariu

> Lokasi
Penangkaran rusa Cariu ini berada di desa Buana Jaya kecamatan Tanjung Sari Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Untuk mencapai tempat ini saya menghabiskan waktu tempuh 2 jam dari arah Cibubur, Mekarsari lalu ke arah Cariu. Lebih mudahnya mengikuti panduan GPS yang akan menunjukan rutenya. Kondisi jalan dari Cibubur hingga Cariu cukup banyak lubang dan beton jalan yang retak sehingga harus extra konsentrasi di jalan. Petunjuk jalan ke penangkaran rusa ini sudah ada di 18 km menjelang lokasi. Posisi penangkaran rusa berada di sebelah kiri jalan setelah pasar Cariu dan di sebelah kanan jika dari arah Cianjur. Masuk ke lokasi penangkaran jalan menuju parkiran kondisinya berbatu dan menurun, jalan terus sampe mentok parkiran di samping sungai Cibeet.

penangkaran rusa Cariu

> Harga tiket masuk
Harga tiket masuk ke area penangkaran rusa Cariu ini dikenakan tarif Rp.10.000/orang dan karcis parkir Rp. 10.000. Setelah kami membeli tiket selanjutnya untuk mencapai lokasi penangkaran rusa Cariu kami harus menyeberangi sungai Cibeet melalui jembatan gantung. Sungai Cibeet adalah sungai yang mengalir ke sungai Citarum. Sungai Cibeet adalah sungai besar dengan arus yang deras dan banyak batu besar. Sampai di seberang sungai ada beberapa warung nasi tradisional yang menjual makanan menu ikan dan ayam bakar dan goreng + lalap dan sambel. Warung ini menyediakan bale-bale di bawah pohon dan menghadap ke sungai Cibeet. Asik dah pokoknya.

penangkaran rusa Cariu penangkaran rusa Cariu

> Arena
Lanjut ke penangkaran rusa kami harus berjalan sekitar 200 meter melintasi rimbun pohon dan batu besar. Jalannya sudah rapi dengan batu kali. Sampai di depan penangkaran rusa kami membeli makan untuk rusa berupa potongan ubi dengan harga Rp 10.000. Selanjutnya kami menaiki lorong panjang yang masuk kedalam padang rumput tempat rusa berada.
Pengunjung diperbolehkan turun ke padang rumput tersebut dan memberi makan rusa dengan ubi tadi. Di padang rumput tersebut terdapat beberapa rusa yang menyambut pengunjung yang turun. Penangkaran rusa ini dimulai tahun 1993 yang awalnya memiliki 104 ekor rusa, yang terdiri dari rusa Timor, rusa Bawean, dan rusa totol. Penangkaran rusa Cariu ini di bawah naungan Perum Perhutani Unit III sejak tahun 2006. Penangkaran rusa Cariu ini termasuk dalam wilayah RPH Cariu, BKPH Jonggol dan KPH Bogor yang merupakan kelompok gunung Sanggabuana seluas 8,4 Hektar diperuntukan untuk penanaman rumput pakan rusa dan 2 Hektar sebagai perkemahan.

penangkaran rusa Cariu
Dilokasi penangkaran rusa Cariu ini selain rusa juga memiliki beberapa jenis burung, reptil dan peradator seperti macan kumbang dan ular sanca. Lokasi penangkaran rusa ini memang hanya 1 km hutan gunung Sanggabuana. Saran saya jika ingin berkunjung ke penangkaran rusa Cariu ini datang pagi kisaran jam 9 karena udaranya masuk sejuk dan segar atau sedikit sore kisaran jam 2 siang agar tidak terlalu panas dan pakailah topi dan bagi yang membawa balita dibawah 5 harap di dampingi karena meskipun jinak rusa ini adalah binatang liar selain itu tidak membuang bungkus plastik di area padang rumput karena plastik tersebut dapat di makan rusa.penangkaran rusa Cariu

Menurut saya tempat ini bagus dan menarik untuk di datangi bersama keluarga karena tidak terlalu jauh dari Jakarta dan biayanya pun murah. Tertarik untuk kesana dan rasakan sensasi wisata di penangkaran rusa Cariu. Yuuk datang tapi ingatnya tidak membuang sampah sembarangan apalagi ke sungai.

Penulis
Ade Haris S (lalerijo.com)
“Semua tempat berkesan”

2 thoughts on “Sensasi wisata di Penangkaran rusa Cariu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *