Pesona wisata alam Kawah Putih Ciwidey Bandung

kawah putih ciwidey

Tempat wisata yang saya kunjungi kali ini adalah kawasan wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung, Jawa Barat. Letak nya di Gunung Patuha dengan ketinggian + 2000 Mpdl. Danau vulkanik yang berwarna biru dan sering berubah warna dengan pinggiran batu belerang dan cadas berwarna putih membuat tempat wisata ini disebut dengan kawah putih. Akses menuju kawasan wisata alam Kawah Putih Ciwidey Bandung dapat menggunakan akses Tol Cipularang dan keluar di Kopo lalu ke arah Soreang Bandung lalu kearah Ciwidey. Jika menggunakan jalan biasa dari arah Jakarta bisa menggambil jalur menuju Padalalarang dan melewati Stadiun Jalak Harupat Bandung lalu ikuti jalur ke arah Ciwidey. Jalan menuju kawasan wisata alam Kawah Putih Ciwidey tidak terlalu lebar dan berliku.

Di lokasi ini banyak hotel dan penginapan yang menawarkan fasilitas yang bermacam-macam seperti kolam air panas, petik buah strawberi, dan permainan lainnya. Kisaran harga permalam/kamar penginapan dan hotel bervariasi antara Rp.150 ribu ~ Rp.350.000 sedangkan harga sewa villa untuk keluarga kisaran harga Rp. 700.000 ~ Rp.1.500.000 tergantung fasiltasnya. Tapi villa, hotel dan penginapan lainnya jarang yang pakai AC karena udara di lokasi ini dingin.

kawah putih ciwideyDSC01735Harga tiket masuk kawasan wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung, ada dua katagori yaitu Perorangan dan rombongan, untuk harga tiket masuk perorangan sebesar Rp. 18.000 (tiket masuk) + Rp. 15.000 (Angkutan ke lokasi wisata) karena untuk menuju lokasi kawah putih jika tidak menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil harus menggunakan Shuttle Car. Bagi pengunjung yang menggunakan mobil pribadi dapat menggunakan mobilnya sampai lokasi kawah putih dengan biaya masuk kendaraan Rp. 150.000/mobil diluar tiket masuk orangnya. Area perkir di tempat wisata ini juga tersedia untuk Bis, Kendaraan pribadi (mobil dan motor). Untuk pengunjung yang menggunakan motor dapat menitipkan jaket dan helmnya di tempat penitipan agar tidak terjadi hal yang tidak diharapkan. Di area parkir juga terdapat warung warung makanan dan penjual oleh-oleh berupa makan khas.

kawah putih ciwidey kawah putih ciwidey kawah putih ciwidey kawah putih ciwidey

Bagi pengunjung yang tidak tahan bau belerang sebelum masuk kawasan wisata alam Kawah Putih lebih baik membeli masker atau penutup hidung. Di area wisata alam kawah putih ini pengujung akan selalu di ingatkan oleh pengelola wisata untuk tidak terlalu lama berada di lokasi karena bau yang mungkin akan membuatĀ  pusing dan muntah karena bau belerang dan banyak peringatan dan aturan yang di tulis untuk mengingatkan pengunjung.

kawah putih ciwidey kawah putih ciwidey kawah putih ciwidey

Pesona Kawah Putih Ciwidey Bandung, membuat pengunjung terhipnotis untuk selalu perpose dan tidak bosan untuk berfoto dengan latar belakang alam Kawah Putih. Hamparan warna putih dan biru air danau yang di kelilingi gunung membuat betah di sini namun peringatan maksimal bagi pengunjung tidak boleh terlalu lama di area sekitar danau cukup 15 menit saja yaa karena berbahaya dan bisa sesak napas. Tetap keselamatan no 1.

kawah putih ciwidey kawah putih ciwidey

kawah putih ciwidey

Panorama alam Kawah Putih Ciwidey Bandung meski pun indah namun tempat ini terkadang ditutup untuk wisata ketika kondisi danau yang kurang bersahabat. Menikmati wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung akan lebih asik dan seru jika kita datang dengan teman dan keluarga. Ingat kebersihan adalah tanggung jawab kita bersama jadi buanglah sampah pada tempatnya dan tidak coret coret yaaa..

Saya ucapkan terimakasih kepada Team Kawasaki Biker’s Community (KBC).

Penulis.

Ade Haris S (lalerijo.com)

“Semua tempat berkesan”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *