Yuuk.. wisata ke Curug Cipurut Wanayasa, Purwakarta

Assalamualaikum, Bulan Oktober ini saya akan berbagi pengalaman wisata saya ke daerah Wanayasa, Purwakarta Jawa Barat. Lokasi wisata alam yang kami kunjungi adalah Curug Cipurut yang berada di desa Sumurugul, Kecamatan Wanayasa Purwakarta. Letak curug ini berada di kaki gunung Burangrang.

Waktu tempuh dari Cibubur ke Curug Cipurut sekitar 3 jam. Rute saya adalah melalui Tol Cikampek lanjut ke Tol Cipularang dan keluar di pintu Tol Ciganea. Jalan akan menanjak saat memasuki Wanayasa hingga curug. Nah.. kondisi kendaraan harus fit yaa,.. terutama rem dan kopling. Gunakan putaran gigi rendah.

Curug Cipurut terletak di kaki gunung Burangrang, tinggi curug sekitar 10 meter dengan bebatuan besar. Teman teman dapat menitipkan motor atau mobil di depan halaman rumah warga.
Parkir kendaraan mobil sekitar Rp. 10.000
Tiket masuk lokasi curug Rp. 20.000/orang
Jam Operasional 24 jam.

Untuk menuju curug dari tempat parkir, saya lewati jalan kecil dengan melintasi hutan dan kebun teh dengan jarak tempuh + 800 meter. Udara sejuk dan derik tongeret kas pegunungan menemani perjalan kami. Rimbun pohon dengan jalan tanah sepanjang jalur menuju curug… pasti akan licin ketika hujan jadi jika berkunjung ke sini harus pakai sepatu gunung minimal sandal gunung yaa.. biar nyaman.

Tempat ini juga bisa untuk tempat berkemah, saat saya ke sana ada beberapa rombongan yang akan menginap di sekitar curug. Tempat wisata ini juga aman buat anak kecil minimal 6 tahunan yaa… tentunya dengan pendampingan orang tua saat berada di sekitar curug. Bebatuan di sekitar curug licin dan berlumut.

Kondisi debit air saat saya kesana tidak terlalu banyak sehingga kami bisa mendekat ke bawah curugan airnya. Jika ingin mandi menikmati dinginnya air juga bisa..namun tetap harus berhati-hati dan harus di perhitungkan dulu keamanannya sebelum mandi di curugan.

Yuukk.. Wisata ke Curug Cipurut

Menurut saya tempat ini dapat dijadikan alternatif wisata alam di Wanayasa.. nah coba deh datang ke tempat ini.
Saran saya tetap menjaga protokol kesehatan dan jaga kebersihan dilokasi wisata agar tetap alami dan bersih yaa.

Penulis
Ade H S
lalerijo.com (Semua tempat berkesan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *