Wisata sejarah dan budaya di komplek candi di Banjarnegara

Dieng

Tujuan wisata kali ini saya berkunjung ke Dieng. Dieng sebagai tempat wisata sejarah dan budaya yang ada di Banjarnegara. Dieng merupakan dataran tinggi vulkanis yang di kelilingi oleh gunung aktif. Berkunjung ke komplek candi di Dieng Banjarnegara adalah kunjungan pertama saya. Meskipun siang hari suhu udara di dataran tinggi Dieng bersuhu dingin apalagi jika ada hembusan angin penggunungan.

DiengSuhu udara di siang hari antara 12 ~ 20 derajat celcius meski langit cerah, bagi yang tidak kuat suhu dingin disarankan bawa sweater atau jaket deh. Dataran tinggi Dieng berada di ketinggian kisaran 2000 m diatas permukaan laut.  Menurut sejarah pertama kali ditemukan candi-candi yang ada di Dieng ini tertutup oleh air yang berupa danau dan oleh penguasa Belanda saat itu air tersebut di keringkan dan tampaklah beberapa candi.

DiengAda beberapa candi di komplek ini yaitu candi Semar, candi Arjuna, candi Srikandi, candi Sembrada, candi Bima, candi Gatotkaca, candi Dwarawati, candi Aswatama dan candi Setyaki. Letak candi ini berdekatan dan menurut sejarah candi-candi ini adalah tempat pertapaan dan candi-candi ini merupakan peninggalan jaman Hindu.

Selain komplek candi ini, tempat masih ada objek wisata lainnya yaitu wisata telaga warna dan juga ada beberapa goa di dekat komplek candi ini. Di komplek wisata candi tersedia pula museum dan ruang pemutaran film tentang sejarah tempat ini. Dimusim liburan tempat ini sangat ramai oleh pengunjung, jika kita menggunakan kendaraan harus antri masuk dan sulit mencari parkir. Untuk mencapai komplek candi ini melalui jalur kecil yang menanjak dan berliku, saya sarankan kondisi kendaraan harus fit karena jika tidak, mungkin akan mogok kerana tidak kuat nanjak dan jika ingin ke tempat ini harus mengisi bensin dulu sebab hanya satu POM bensin itu juga jauh dan harus antri.

Dieng Dieng Dieng

 

 

 

 

 

Di tengah komplek candi yang berupa lapangan sangat asik untuk foto foto dengan latar belakang candi dan gunung. Tempat ini juga ada yang menjual jasa foto bersama tokoh kartun dan wayang.

Selain tempat wisata sejarah dan budaya, Dieng terkenal dengan pertanian kentang dan sayuran, di area luar komplek candi banyak warung yang menjual kentang dengan berbagai jenis dan ada juga yang dijual sudah digoreng. Bagi pengunjung yang ini bermalam banyak homestay dan hotel melati dengan harga yang bervariasi.

Yuk datang ke tempat indah ini tapi foto-fotonya tidak usah naik-naik candi yaa.

 Penulis,

Ade Haris S (lalerijo.com)

“Semua tempat berkesan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *