Wisata Pegunungan Curug Ciherang, Sukawangi

Curug Ciherang

Curug CiherangTempat wisata pegunungan yang saya dan keluarga (Istri dan 2 anak) kunjungi bulan April ini adalah curug Ciherang, Sukawangi Bogor Jawa Barat. Saya tertarik untuk berkunjung ketempat ini setelah mengetahui ada curug di daerah ini dan lalu saya pun mencarinya di Google dan MAP. Wisata pegunungan curug Ciherang, Sukawangi sebagai alternatif saya kali ini karena letaknya tak jauh dari Jakarta. Wisata pegunungan curug Ciherang yang ada di desa Sukawangi kecamatan Sukamakmur, Bogor Jawa Barat, mempunyai potensi wisata yang menarik karena masih alami. Saya datang dari arah Jakarta, jalur yang saya ambil saat berangkat melalui Citeurep-Cibinong dan keluar di pintu Tol Citeureup-Cibinong dan. Menuju curug Ciherang ini saya sarankan jangan malu untuk bertanya meskipun pakai GPS karena jalur yang kecil dan banyak  cabang serta jalur yang menanjak dan berkelok tapi pemandangan pegunungan akan menemani sepanjang perjalanan. Waktu tempuh kurang lebih 2.5 ~ 3 Jam. Untuk rute pulang saya melalui jalur Jonggol-Cariu-Cibubur, rute ini lebih nyaman dengan jalur yang lebar dan tidak berkelok dan nanjak. Saya sarankan juga kondisi mobil harus dengan bahan bakar yang full yaa… karena tidak ada POM bensin sepanjang jalur selepas citeureup ataupun setelah Cariu.. kecuali kalo mo beli yang botolan.

Curug CiherangTandanya anda sudah sampai adalah jika sudah mentok dan bertemu banyak sepanduk curug Ciherang lalu ambil kanan melewati jalan batu dengan pemandangan bukit disebelah kanan. Masuk ke area lokasi setiap pengunjung di pungut biaya tiket masuk sebesar Rp. 5000 per orang dan kendaraan motor Rp 5.000 dan Mobil Rp. 20.000. Area parkir di tempat wisata curug Ciherang tidak terlalu besar bahkan untuk mobil harus parkir paralel. Pemandangan pengunungan yang hijau dengan udara yang sejuk dan berkabut serta pohon yang masih rimbun enak sekali untuk berfoto.

Curug CiherangDari parkiran pengunjung harus berjalan selama kurang lebih 15 menit untuk sampai air terjun. pengunjung berjalan di tangga batu dan batu batu besar. Saat saya datang lokasi ini tengah di guyur hujan dan kabut tebal sehingga jalan menjadi licin. Saya sarankan berhati-hati saat menginjak batu atau foto-foto di batu karena licin. Saya pun sempat terpeleset dan jatuh yang mengakibatkan lecet dan memar. Suasana alam yang masih asri membuat kita nyaman dan terasa segar kali. Batu-batu besar yang banyak di tempat ini menambah kesan alam yang belum terjamah banyak tangan. Lokasi curug berada diantara celah/tebing gunung dengan semburan air membuat disekitar curug tumbuh pohonan rimbun dan hijau. Tempat wisata ini banyak dikunjungi pada hari sabtu dan minggu dan pengunjung yang datang dari daerah sekitar juga dari Jakarta. Tempat ini relatif aman untuk mengajak anak-anak karena lokasi yang mudah terjangkau tapi tetap harus terus diperhatikan area sekitarnya dan awasi anak-anak saat bermain air. Curug Ciherang adalah deretan dari beberapa curug yang ada di jalur  sungai ini.

Curug CiherangCurug Ciherang mempunyai ketinggian kurang lebih 30 meter dengan beberapa undakan. Curug Ciherang dengan debit air yang besar cukup membuat baju kita basah meski tidak dekat curugan air. Terdapat kolam kecil di bawah curugan air yang dapat di jadikan lokasi bermain air dan berendam. Tempat wisata pengunungan curug Ciherang ini selain curug, tempat ini juga mempunyai pemandangan pegunungan yang indah karena lokasinya yang tinggi sehingga dapat melihat jauh kearah bawah.

Curug CiherangCurug CiherangNamun demikian tempat ini masih perlu dikelola dengan baik agar para mengunjung dapat lebih banyak lagi datang karena masih minimnya lahan parkir dan masih kurang tertatanya petunjuk arah dan minim himbauan keselamatan. Sarana ibadah untuk sholat hanya tersedia gubuk kecil disamping gerbang masuk. Di area parkir berjajar warung makan dan bakso, lumayan jika laper habis main air dan yang tidak bawa baju ganti tidak perlu khawatir ada pedagang kaos bertulisan Curug Ciherang… saya aja beli yaa buat kenang-kenangan dan kolor dengan kisaran Rp.30.000 s/d Rp. 50.000 harga nego.

Yuk datang ketempat wisata pegunungan curug Ciherang, Sukawangi. Kebersihan adalah tanggung jawab kita bersama jadi tidak buang sampah sembarangan dan tidak coret-coret yang ga penting yaa.

 Penulis

Ade Haris S (lalerijo.com)

“Semua tempat berkesan”

2 thoughts on “Wisata Pegunungan Curug Ciherang, Sukawangi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *