Wisata Alam Lengkob Parangbong, Purwakarta

Melihat keindahan panorama alam di televisi, menjadi inpirasi saya dan keluarga untuk mencari keindahan alam di sekitar Jakarta pada hari sabtu kemarin, salah satu anak saya mengajak saya untuk naik gunung.. “pah.., kita naik gunung yuuuk…”, kata anak saya sambil menujukkan gambarnya di kertas yang ditempel di tembok kamarnya.

Saya searching di Google di tempat wisata alam di Wanayasa, Subang Jawa Barat. Pilihan saya tertuju pada tempat wisata alam Curug Cipurut dan satu lagi di sekitar Purwakarta. dari segi jarak tempuh tidak terlalu jauh dari tempat kami dan aksesnya langsung tol sekitar 3 Jam jika normal. Namun saya putuskan kami ke daerah Purwakarta menuju Wisata Alam Lengkob Parangbong, Purwakarta

> Lokasi Wisata
Tempat yang saya tuju adalah Wisata Alam Lengkob Parangbong, Purwakarta yang berada di desa Pasanggrahan, Kecamatan Tegal Waru, Purwakarta Jawa Barat dengan mengandalkan GPS akhirnya kami berangkat ke daerah yang bernama desa Pasanggrahan, Kecamatan Tegal Waru, Purwakarta Jawa Barat.

Kami berangkat dari Jakarta masuk ke tol Cikampek dan keluar pintu tol Jatiluhur lalu ambil jalur kanan ke arah Pleret namun sebelum Pleret GPS menyuruh kami belok ke kanan ke arah Gunung Lembu, sampai akhirnya kami tiba di jalan jagak dimana jika ke kanan ke arah Gunung Parang dan ke kiri kearah Gunung Lembu.

Kami ambil arah kiri menuju Gunung Parang dan lanjut sampai bertemu jalan cagak lagi saya ambil kanan sampai kantor kepala desa Pasanggrahan dan kami melewati lapangan bola. Di lapangan bola tersebut terlihat gunung batu besar yang bernama Gunung Parang, namun bukan tempat itu yang kami cari dan kami lanjut. Gunung Parang terkenal dengan gunung batu besar tempat untuk para pemanjat tebing.

Gunung Parang berupa gunung batu besar yang indah di lihat dari kejauhan. Akhirnya kami berhenti di desa Pasanggrahan, Kecamatan Tegal Waru untuk putar balik kendaraan dan kami di beri tahu oleh warga desa di sini ada tempat Wisata Alam yang bernama Lengkob Parangbong namun kondisinya belum bisa masuk mobil karena jalannya belum selesai, untuk kesana harus jalan kaki sekitar 300 meter. Karena terlanjur berkendara jauh kami putuskan ke tempat ini

Wisata Alam Lengkob Parangbong, Purwakarta

Benar saja tempat Wisata Alam Lengkob Parangbong, Purwakarta sepertinya masih dalam pengembangan dilihat dari jalan menuju area wisata masih baru belum rampung dan masih jalan setapak. Sampai di area lokasi saya merasa ini tempat keren banget dan saya langsung foto foto di tempat itu.

Suasananya adem banyak pohon dengan rumput dan batu besar yang menambah tempat ini keren abis. Yang saya suka adalah latar belakang tempat ini yaitu gunung batu yang kami lihat di jalan tadi dan sekarang kami berada dekat di kaki gunung tersebut. Tempat ini terlihat tulisan besar Wisata Alam Lengkob Parangbong, Purwakarta

Wisata Alam Lengkob Parangbong, Purwakarta

Sampai kami di lokasi kami di sapa seorang ibu dan bapak,ternyata ibu dan bapak yang menyapa kami adalah pengelola tempat ini. Nama bapak tersebut adalah bapak Deden yang mengurus dan mengelola tempat ini dan ibu itu adalah ibu lurah yang mengembangkan tempat wisata ini. Menurut pak Deden tempat wisata ini masih dikelola mandiri oleh keluarganya dan pembangunannya bertahap. Beliau masih terkendala dengan cara memasarkan dan memperluas informasi tentang keberadaan tempat ini.

Saya pikir tempat ini akan banyak pengunjung yang datang karena pemandangan disini banyak spot untuk berfoto dengan background Gunung Parang. Pak Deden mengajak saya keliling area tempat wisata ini dan kebetulan masih belum bayar alias gratis, Pak Deden mempunyai cita cita besar dengan mengajak warga desa sekitar untuk sadar wisata dan sekarang terus dikembangkan. Nahh… temen temen bisa nihh bantu beliau dengan datang bawa teman dan sebarkan berita ini supaya perekonomian desa Pasanggrahan meningkat dengan adanya Wisata Alam Lengkob Parangbong, Purwakarta

Wisata Alam Lengkob Parangbong, Purwakarta

>. Fasilitas
Tempat Wisata Alam Lengkob Parangbong, Purwakarta selain mempunyai pemandangan Gunung Parang, tempat Wisata Alam Lengkob Parangbong, Purwakarta juga mempunyai danau yang sedang dikembangkan untuk wisata air dan ada Goa, jembatan tebing, wisata alam berupa akar-akar pohon yang berusia ratusan tahun. Semua itu masih tahap pembenahan. Ada beberapa gubuk bambu untuk penginapan, sarana toilet sudah ada bahkan saung untuk meeting sedang di persiapkan. Di area depan terdapat taman dengan rumput dan batu-batu besar yang bagus untuk spot foto dan sungai kecil yang mengalir melintasi taman. Secara fasilitas tempat ini menjanjikan untuk berkembang.

Wisata Alam Lengkob Parangbong, Purwakarta

Meskipun tempat ini dikelola mandiri oleh keluarga, ditempat ini telah layak untuk kita kunjungi. Keasrian tempat wisata ini masih sangat alami. Sayang saya tidak sempat untuk goa dan ke akar-akar pohon yang berusia ratusan tahun yang ada ditempat ini.

Tempat Wisata Alam Lengkob Parangbong secara geografis berada diantara dua gunung yaitu Gunung Parang dan Gunung Bongkok, maka oleh sebab itu nama tempat ini disebut Parangbong (Parang-Bongkok) sedangkan Lengkob adalah bahasa sunda yang berarti lembah. Jadi tempat ini diartikan Lembah antara Gunung Parang dan Gunung Bongkok.

Tempat ini sedang menyiapkan sarana perahu air yang terbuat dari bambu dan berencana menyiadakan permainan Flying fog. Tempat Wisata Alam Lengkob Parangbong, Purwakarta ini banyak terdapat batu batu besar di area taman rumput karena di desa ini memang banyak sekali terdapat batu berukuran besar.

Wisata Alam Lengkob Parangbong, Purwakarta

Banyak banget tempat indah dan alami di sekitar kita yang dapat kita kunjungi. Salah satunya di desa Pasanggrahan, Kecamatan Tegal Waru, Purwakarta Jawa Barat ini. Yuuk kita informasikan tempat keren di sekitar kita dengan tujuan agar perekonomian warga sekitar juga meningkat.

Stop buang sampah sembarangan dan stop merusak alam.

Penulis
Ade Haris S (lalerijo.com)
“Semua tempat berkesan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *