Villa Kebun Mawar Situhapa, Kamojang-Garut

Kali ini kami berwisata ke daerah pegunungan di Jawa Barat, tepatnya di Kamojang Garut Jawa Barat. Kamojang adalah daerah pegunungan yang bersuhu dingin. Pegunungan yang terkenal di Garut antara lain Gunung Cikuray, Gunung Papandayan dan Gunung Guntur. Di daerah Kamojang terdapat pembangkit tenaga listrik panas bumi (Geothermal) Indonesia Power. Panas bumi yang diambil dari semburan uap panas yang di keluarkan dari beberapa kawah.

Kunjungan wisata kami di Garut adalah salah satu penginapan atau Villa Kebun Mawar Situhapa, Kamojang-Garut. Sebelumnya saya telah searching tempat penginapan yang ada di Garut. Villa Kebun Mawar Situhapa, Kamojang-Garut menarik minat saya untuk bermalam selama dua hari karena lokasinya di pegunungan dan memiliki pemandangan kebun bunga mawar. Itulah yang membuat saya penasaran dan tertarik untuk booking satu rumah satu bulan sebelumnya.

Lokasi Villa
Untuk mencapai Villa Kebun Mawar Situhapa, Kamojang-Garut, saya menggunakan jalan Tol Cikampek-Purbaluenyi-Rancaekek-Ciparay-Kamojang. Tepatnya di Jalan Raya Kamojang km 5, Samarang, Sukakarya-Garut. Waktu tempuh dari Jakarta menuju lokasi sekitar 3.5 jam dengan kecepatan normal. Jalan menuju villa selepas Rancaekek menanjak dan berkelok dan setelah melewati jembatan Kamojang jalan menanjak dan menurun disertai kabut tebal yang tebal, jarak pandang tidak lebih 50 meter.

Kondisi jalanan bagus dengan beton dan beraspal, saya melewati Kawasan Pembangkit Tenaga Panas Bumi dimana kiri dan kanan jalan terdapat pipa-pipa jalur uap. Lokasi Villa Kebun Mawar Situhapa, Kamojang-Garut terletak di sebelah kiri jalan setelah 20 menit dari pembangkit. Villa Kebun Mawar Situhapa, Kamojang-Garut juga dapat di capai melalui jalur Garut kota-Kamojang, letaknya setelah 7 km dari penginapan Kampung Sampiren.

Fasilitas
Villa Kebun Mawar Situhapa, Kamojang-Garut memiliki tujuh rumah penginapan dengan beberapa tipe 3 kamar, 2 kamar dan satu kamar juga terdapat restoran. Villa Kebun Mawar Situhapa, Kamojang-Garut memberikan kenyaman pengunjung berupa hamparan hijau kebun bunga dan pemandangan gunung selepas mata memandang dari kamar villa. Setibanya saya di Villa Kebun Mawar Situhapa, Kamojang-Garut saya di suguhi pisang goreng dan teh hangat yang dihantarkan ke villa, begitu juga sarapan pagi diantarkan ke villa sehingga saya bisa sarapan di taman depan villa.

Bentuk villa di sini terbuat dari kayu jati yang membuat suasana kamar menjadi hangat. Kamar mandi yang luas dan bersih dengan air panas yang selalu ada keluar dari shower. TV dengan Saluran TV kabel dapat saya tonton sambil bersantai. Karena saya datang menjelang senja kami memesan makan malam dan diantar ke kamar. Makanannya enak menurut saya, saat itu saya memesan ikan mas bakar dan nasi goreng. Oh ya di semua ruangan tidak terdapat AC karena udara di sini dingin banget. Harga menginap di Villa Kebun Mawar Situhapa, Kamojang-Garut berkisar Rp.350.000 ~ 1.100.000/malam tergantung tipe villa.

Kebun Mawar dan Taman yang luas
Pemandangan alam di Villa Kebun Mawar Situhapa, Kamojang-Garut membuat saya betah denganĀ  menikmati suasana pagi dan sore hari. Pada pagi hari saya dapat melihat langit biru bergradasi awan tipis dan melihat gunung aktif yang masih menyeburkan uap panas, udara segar nikmat sekali sambil minum teh hangat.

Ga ada bosennya duduk sambil memikmati pemandangan. Taman di Villa Kebun Mawar Situhapa, Kamojang-Garut ditanami berbagai macan tumbuhan berbunga dengan berbagai warna. Selain tanaman bunga tempat ini juga ada taman untuk duduk santai di depan kolam teratai. Jika ingin mencoba tantangan ada juga taman labirin setinggi 160 cm.

Villa Kebun Mawar Situhapa, Kamojang-Garut juga dibuka untuk pengunjung yang hanya untuk bermain di taman dengan tarif masuk sekitar Rp. 20.000/orang. Mainan untuk anak juga ada di atas bukit seberang villa. Villa Kebun Mawar Situhapa, Kamojang-Garut selain untuk keluarga tempat ini juga bisa untuk acara gathering dan untuk acara pernikahan garden party.

Menurut saya tempat ini rekomendit banget buat teman-teman yang ingin berlibur ke Garut. Lokasi Villa Kebun Bunga Mawar, Kamojang juga lumayan dekat dengan lokasi wisata lainnya seperti Taman Wisata Papandayan sekitar 1.5 Jam, Water Part Sabda Alam sekitar 45 menit, Kawah Kamojang sekitar 20 menit.
Jadi tentukan pilihan penginapan yang asik yaa buat wisata yang keren. Stop buang sampah sembarangan. Happy trip.

Penulis
Ade Haris S (lalerijo.com)
Semua tempat berkesan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas