Trip dan tips di Shanghai, China

Artikel di bulan ini saya akan berbagi pengalaman trip dan tips di Shanghai, China yang Insya Allah bisa bermanfaat bagi teman-teman yang ingin jalan-jalan di Shanghai. Pertama saya akan berbagi tempat-tempat menarik yang saya kunjungi selama berwisata di Shanghai.

Trip dan tips di Shanghai, China yang pertama saya kunjungi adalah
1. Pabrik Tenun Sutra


Pabrik sekaligus toko sutra ini adalah tempat wisata belanja pertama. Ditempat ini saya melihat proses pemintalan benang dari kepompong ulat sutra sampai dengan barang jadi berupa selimut, bantal, kain, seprei. Tempat ini berada di dalam kota dan kalo dilihat tempat ini tidak seperti pabrik. Pada awal masuk pengunjung akan di sambut oleh petugas disana yang akan menerangkan proses pemintalan hingga barang jadi. Didalam gedung ini terdapat miniatur dan lukisan tentang jalur sutra.

Petugas atau salesman menerangkan tentang proses pemintalan hingga produk yang dihasilkan. Akhirnya kami ditawarkan produk-produk tersebut..
Tips saya di tempat ini
a. Jika ingin membeli pilihlah produk yang mudah dibawa.
b. Jika tidak ingin membeli jaga jarak dengan petugasnya dan tidak banyak tanya atau tidak menunjukan muka ingin beli.. lebih baik lihat-lihat saja.
c. Jika ingin beli siapkan Yuan kalo bisa cash saja tidak usah kartu kredit atau kartu debit karena tetap waspada terdapat penggandaan kartu.

Trip dan tips di Shanghai, China yang kedua adalah
2. Yuyuan Road

Yuyuan road adalah pusat perbelanjaan. Di tempat ini banyak toko-toko dengan bangunan tradisional China. Tempat ini ramai menjelang sore hari. Di sini banyak toko-toko yang menjual barang bermerk, makanan, snack, souvenir. Di tempat ini saya hanya keliling saja sambil mengambil foto. Yuyuan Road tidak dilalui kendaraan seperti mobil, hanya sepeda dan sepeda listrik yang bisa melewati jalan ini. Banyak wisatawan asing dan lokal yang duduk-duduk di taman. Tempat ini asik bagi yang suka memotret objek seperti gedung dengan arsitektur tradisional china.

Tips saya di tempat ini
a. Hati-hati jika membawa tas punggung lebih baik taro di depan saja.
b. Jika ingin membeli souvenir lebih baik cari dulu beberapa toko untuk perbandingan harga meski tidak terlalu jauh perbedaannya.
c. Hati-Hati berjalan kaki atau menyebrang jalan karena banyak sepeda listrik dan sepeda yang tidak ada suaranya.
d. Pastikan jika bersama rombongan titik temu harus sesuai yang disepakati.

Trip dan tips di Shanghai, China yang ke tiga adalah
3. Nanjin Road


Nanjin road hampir sama dengan Yuyuan, Di Nanjin road adalah daerah pertokoan yang ramai di kunjungi wisatawan. Di tempat ini banyak toko-toko yang menjual barang bermerk terkenal dan beberapa makanan cepat saji seperti KFC. Datang ke tempat ini asiknya sore hari karena lampu-lampu gedung tinggi menghiasi lokasi ini. Berbeda dengan Yuyuan Road di Nanjin semua bangunannya modern dan banyak tempat duduk di tepi jalan.

Tips saya di tempat ini
a.  Letakkan tas punggung di depan badan
b. Jika berangkat dengan rombongan pastikan tempat dan jam berkumpul kembali, kalo perlu foto di titik kumpul agar ingat lokasinya.
c. Jika bingung mau makan apa lebih baik saya pilih KFC saja sudah pasti ayam dan baca bismillah Insya Allah aman.

Trip dan tips di Shanghai, China yang ke empat adalah
4. Zhouzhuang

Berwisata di Water Town Zhouzhuang, China

Di Zhouzhuang terdapat desa tua yang kini dijadikan tempat wisata air. Water Town atau ancient Town. Di tempat ini saya dan rombongan mengelilingi kota dengan perahu kayu di sungai yang melintas di dalam kota. Di sisi sisi sungai berderet rumah-rumah tradisional, rumah rumah itu adalah rumah warga yang sekarang banyak dialih fungsikan sebagai hotel dan toko juga rumah makan.

Berwisata di Water Town Zhouzhuang, China

Di kota tua ini juga tersedia toko-toko souvenir yang harganya bisa ditawar, lukisanya bagus-bagus loh dan harganya kisaran mulai dari 100 ~ 300 Yuan tergantung ukuran lukisannya. Di dalam kota kita juga dapat berjalan kaki melintasi jalan-jalan kecil.

Berwisata di Water Town Zhouzhuang, China

Tips saya di tempat ini
a. Pastikan di dompet masih terdapat uang Yuan, dan jika sudah tipis ada ATM di tepi jalan besar sebelum gerbang masuk.
b. Jika ingin ke toilet saya sarankan di kantor informasi disamping gerbang masuk karena bersih
c. Jika ingin membeli souvenir saya sarankan tanya harganya dahulu dan tawar.
d. Pastikan memori kamera dan hp masih cukup menyimpan dan tidak low bat.. sayang deh kalo kesini ga ada fotonya.

Berwisata di Water Town Zhouzhuang, China

Trip dan Tips di Shanghai, China yang ke lima adalah

5. Oriental Pearl TV Tower

Oriental Pearl TV Tower adalah menara Televisi tertinggi ke 4 di dunia. Oriental Pearl TV Tower berada di Pudong Park, Shanghai. Tower ini memiliki ketinggian 468 meter. Ditempat ini juga ada Menara Shanghai dengan bentuk spiral yang menjadi kebanggaan China, saat saya di lokasi ini ujung menara ini tertutup awan.

Untuk memfoto menara ini secara full tidak bisa dari jarak dekat karena ketinggiannya meskipun dipaksakan harus jongkok dari jauh. Di depan tower ini terdapat toko dan cafe yang menjual makanan dan minuman, sambil duduk-duduk sore sore memandangi gedung tinggi di sekeliling area tower.

Untuk mencapai puncak tower setiap pengunjung dikenakan biaya 180 ~ 220 Yuan. Pengunjung harus antri dan lama antrian kurang lebih 45 menit. Diatas tower terdapat restoran dengan tarif yang berbeda juga kisaran 300 ~ 400 Yuan.

Trip dan tips di Shanghai, China yang ke enam adalah
6. Night River Cruise


Wisata malam di sungai Huangpu. Di tempat ini saya dan rombongan menaiki kapal ferry wisata yang di hiasi oleh lampu-lampu. Kapal ferry ini akan mengelilingi sungai selama 25 menit. Kapal ferry yang besar yang memiliki dua lantai, lantai pertama memiliki kursi-kursi yang menghadap keluar sedangkan lantai ke dua adalah dek. Di lantai kedua adalah tempat terbuka, di lantai ini terdapat foto booth dan area cafe. Jika ingin ke cafe harus membayar lagi dan mendapat roti sambil duduk santai dengan latar belakang gedung dengan lampu hiasnya.

Nigth River Cruise ini saya melihat gedung-gedung tinggi dengan lampu hias yang berwarna-warni. Dari kapal ferry ini saya juga melihat TV tower dengan lampu hiasnya. Beda dengan tempat wisata lainnya. di Nigth River Cruise ini kita dapat melihat indahnya lampu-lampu gedung di kota Shanghai yang indah banget.

Tips saya di tempat ini adalah
1. Hati hati jika menaiki kapal ferry ini karena pengunjungnya banyak sekali dan diharapkan antri
2. Naiklah ke lantai 2 atau dek karena bisa langsung liat kota Shanghai tanpa terhalang kaca
3. Untuk berfoto dengan layar belakang kota Shanghai harus cepat mengambil posisi karena ramai dengan pengunjung.
4. Saya sarankan ambil foto yang asik itu ketika akhir-akhir mau sampai karena pengujung lain mulai turun ke lantai satu jadi agak sepian.
5. Kamera harus full battery dan memori masih cukup.

Sungai Huangpu adalah tempat wisata saya dan rombongan terkhir di Shanghai karena besok harinya kami kembali ke Jakarta. Pengalaman naik kapal ferry keliling sungai Huangpu menjadi pengalaman ke dua saya Night River Cruise. Pertama makan malam di Bali wisata Dinner Cruise dan yang kedua di Shanghai ini, kedua dua memberikan pengalaman wisata berkesan.

Semoga pengalaman wisata saya di Shanghai ini dapat menjadi referensi dan pengetahuan wisata bagi temen temen yang ingin berkunjung ke Shanghai, China. Yuuk kita jaga kebersihan saat berwisata dengan tidak buang sampah sembarangan meskipun hanya bungkus permen.

Penulis
Ade Haris S (lalerijo.com)
“Semua tempat berkesan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *