Transportasi dari Bandara Don Mueang ke kota Bangkok

Saya ingin berbagi informasi cara menuju kota Bangkok dengan menggunakan transportasi dari bandara Dong Muang ke kota Bangkok. Bandara Don Mueang adalah bandara ke dua terbesar di Bangkok Thailand. Bandara Don Mueang diperuntukan untuk pesawat ekonomi seperti Air Asia. Perjalanan saya ke Thailand yang ke 3 ini mendarat di bandara Dong Muang. Saya ingin berbagi informasi transportasi dari bandara Don Mueang ke kota Bangkok.

Saya berangkat ke Thailand kali ini sendiri dari bandara Soekarno Hatta menggunakan pesawat Air Asia, jadwal penerbangan jam 7 pagi dan perkiraan sampai di bandara Don Mueang jam 10.30 pagi. Saya hanya membawa satu tas ransel dan saya bawa ke dalam kabin sehingga tidak perlu tunggu bagasi setibanya disana.

Oh ya informasi juga bagi yang membawa kendara pribadi ke bandara Soekarno Hatta terminal  terminal 2 (T2), mobil bisa diinapkan di Parkiran inap mobil dekat terminal Domistic, dari parkiran inap ada suttle car (Mobil Xenia dan Avanza) warna putih yang mengantar saya kembali ke terminal Terminal 2. Tarifnya free dan sopirnya akan memberi no hp nya untuk menghubungi suttle car jika kembali lagi ke Jakarta nanti.

Sampai didalam bandara saya diarahkan oleh petugas menuju komputer untuk boarding online dengan scanning passport selanjutnya saya ke counter Air Asia.

Saya sampai di bandara Don Mueang jam 10.30 pagi, (tidak ada perbedaan waktu antara Bangkok dengan Jakarta). Saya harus melewati pengecekan imigrasi Thailand… eemmm di sini kita harus sedikit mengerti ucapan bahasa inggrisnya orang Thailand karena kalo salah mengerti urusannya lama karena mereka tidak bisa bilang huruf L… L menjadi N. Setelah lewati imigrasi saya membeli kartu telpon HP… Pakailah D-Touch Tourism seharga 100 Baht unlimited, hal ini agar saya bisa menggunakan google map dan internet. Kartu telpon di jual di toko-toko counter kartu telpon didekat pintu keluar bandara dan dipasangin langsung sama penjualnya. Bagi penggunakan kartu ATM CIMB Niaga dapat mengambil uang langsung konversi ke Baht tanpa biaya admin. Lokasi ATM ada di ujung kiri setelah imigrasi.

Nah setelah kartu telpon diganti dan uang Baht sudah ada, saya berencana menuju BTEC di kota Bangkok dan hotel saya di Lasale Hotel di daerah Bearing…pertanyaannya bagaimana cara dari Bandara Don Mueang ke Bangkok ? dan transportasi dari bandara Don Mueang ke kota Bangkok?

Transportasi di Bangkok

Dari Bandara Don Mueang ke kota Bangkok belum terkoneksi dengan BTS (Bangkok Train Sky). Transportasi dari bandara Don Mueang ke kota Bangkok saya mengunakan bus A1, bus A1 ini akan mengantar saya ke stasion BTS di Mo chit. Mo chit adalah pasar tradisional yang menjual souvenir di Bangkok… nah kalo mo belanja oleh-oleh belanjanya di Mo chit. Informasi aja… pedagang di sini banyak mengerti BAHASA. Tarif bus A1 dari bandara Don Mueang ke Mo chit sebesar 30 Baht. Saya memastikan bahwa saya tourist jadi saya bicara bahasa inggris ke supir dan keneknya dan bilang Mo chit please !!!. Lama perjalanan dari bandara Don Mueang ke kota Bangkok dengan bus A1 selama 25 menit saja. Kalo yang ingin naik Taksi bisa aja tapi harus bayar sekitar 400 Baht.

Transportasi di Bangkok

Sampai di stasion Mo chit saya melanjutkan ke BTEC di daerah Udom Sak dengan menggunakan kereta BTS. Saya informaikan juga cara menggunakan transportasi kereta BTS di Bangkok.  Kereta BTS menjadi favorit transportasi karena cepat, murah, bersih dan bebas macet.

transportasi di Bangkok

Transportasi di Bangkok

Transportasi di Bangkok

Transportasi di Bangkok

Cara menggunakan transportasi kereta BTS di Bangkok dari Mo chit :

  1. Tukarkan uang diloket menjadi recehan 1, 5, 10 Bath
  2. Baca petunjuk lokasi/tujuan di dekat penukaran uang
  3. Setelah tahu posisi lokasi yang dituju lalu menuju ke tiket box yang seperti ATM
  4. Tekan tombol lokasi tujuan kita dan masukan koin recehan sebanyak angka yang ada di tertera di tombol yang kita tekan tadi.
  5. Setelah itu akan keluar tiket
  6. Selanjutnya masuk ke dalam stasion dengan memasukan tiket tadi di pintu masuk stasion. Ingat saat kita masukan tiket pintu masuk akan terbuka dan tiket akan keluar lagi… ambil tiketnya.
  7. Sampai di tujuan untuk keluar dari stasion, memasukan tiket lagi tapi tiket sudah tidak keluar.

Saat di dalam kereta BTS bagaimana kita tahu posisi kita, tak perlu takut, kereta BTS dilengkapi dengan suara pemandu yang memberi tahu nama station dan ada lampu di atas pintu yang kelap kelip yang menandakan posisi kereta BTS.

Transportasi di Bangkok

Transportasi di Bangkok

Akhirnya saya sampai di tempat tujuan di BTEC dan perjalanan sendiri saya berakhir karena saya bertemu istri saya disana.

Jalan-jalan di kota Bangkok lebih nyaman naik kereta BTS ini karena sudah terkoneksi ke tempat wisata. Saya sarankan agar tidak report tuker koin receh terus mendingan beli tiket One-Day-Pass kartu ini berlaku seharian sampe jam 10 malam.transportasi di Bangkok

Sebenarnya transportasi di kota Bangkok sudah terkoneksi dengan bagus jadi tidak perlu panik dan takut nyasar.. tapi jangan sok tau dan takabur karena ini negara orang kita tidak tahu situasi tempat itu. Sarana saya tetap tenang, tidak terlihat kikuk hidupkan GPS HP dan tidak membawa barang yang mengundang kejahatan. Siipp selamat berlibur di kota Bangkok yaaa.

Penulis

Ade Haris S (lalerijo.com)

Semua tempat berkesan.

 

14 thoughts on “Transportasi dari Bandara Don Mueang ke kota Bangkok

  1. Yani

    Mau tanya, klo saya mau naik taxi saja dr mo chit ke daerah pratunam, jam 6an. kena brp ya kira2 ?, trs taxi di mo chit apakah mudah di dapat?, thanks

    1. ade_haris Post author

      NAik Taxi di Thailand tidak jauh beda dengan Indonesia, mudah kok mba tunggu dihalte saja. Disana juga taksi Online
      Taksi nya juga bagus.. Altis, Saya sarankan jika ingin menuju Lokasi tuliskan saja nama daerah yang akan di tuju agar lebih cepat dan paham supir taksinya.

      selamat berlibur

    1. ade_haris Post author

      Selamat siang,

      Dear mba Catherine

      Jika naik Bus Umum sekitar (30 bath).. saya sarankan pakai uang yang nominalnya tidak besar karena sulit kembaliannya atau komunikasinya..Jika naik bis nanti kondecturnya pake kencrekan kaleng atau sejenisnya. Kondisi bisnya bersih.. tempat duduknya 2-1

      Demikian.

  2. Aulia Rizki

    Saya mau tanya kalo dari don mueang ke pratunam gimana caranya ada bus yang langsung kesana atau kereta kesana?

    1. ade_haris Post author

      Selama siang,

      Dari Bandara Don Mueang Naik bus lanjut naik BTS dari Mo Chit. Tarif Bus sekitar 30 Bath..lalu naik BTS tarif sesuai jarak.. beli kartu di Tiket machine.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *