Stasiun Koningsplein sekarang Stasiun Gambir

Stasiun Koningsplein, dimanakah itu? saya pun baru mendengarnya. mungkin di Belanda?.. ternyata itu ada di Jakarta tepatnya di Jakarta Pusat dekat Monumen Nasional (Monas). Stasiun Koningsplein adalah nama stasiun Gambir di masa pemerintahan Hindia Belanda. Kini nama stasiun itu berganti menjadi stasiun Gambir. Gambir dulunya adalah daerah rawa yang diubah menjadi pusat pemerintahan Belanda di awal abab 19. Gambir diambil dari nama letnan Belanda keturunan perancis yaitu Gambier. (note: wikipedia).

Stasiun Gambir

> Lokasi
Stasiun Gambir terletak di pusat kota Jakarta, tepatnya di Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, letaknya yang dipusat kota Jakarta menjadikan stasiun ini menjadi stasiun pemberhentian kereta jarak jauh.
Stasiun juga berdekatan dengan tempat wisata di Jakarta diantaranya Monumen Nasional dan Masjid Istiqlal.

> Transportasi
Stasiun Gambir diperuntukkan untuk kereta exekutif dan exekutif-bisnis dengan tujuan kota besar di Pulau Jawa. Stasiun Gambir juga terkoneksi dengan bus Trans Jakarta dan bus Damri menuju Bandara Soekarno Hatta.

> Fasilitas
Stasiun Gambir terus dibenah oleh pemerintah untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat dan pengguna jasa kereta api khususnya. Pembenahan di sektor pelayanan dan sarana pendukung serta kenyaman terus dilakukan. Sekarang Stasiun Gambir telah mirip dengan bandara dari system pelayanan online check in dan informasi kedatangan kereta. Suasana stasiun Gambir lebih nyaman dan bersih. Didalam stasiun penumpang kereta maupun pengantar tidak akan jenuh karena ruang tunggu yang bersih di tunjang oleh Free wifi. Selain itu calon penumpang dan pengantar bisa bersantai minum kopi dan membeli makanan ringan atau makan dahulu sebelum berangkat.

Stasiun Gambir

Restoran, Cafe, Book store, Mushola, ATM, Toilet bahkan Hotel telah hadir di dalam stasiun ini. Resoran lokal, StarBucks Coffee, MacD, KFC, Cafe Jepang tersedia di stasiun Gambir. Toilet yang bersih dan gratis bisa dirasakan.
Pelayanan Online mirip dengan Bandara sudah distandarkan di stasiun ini. Calon penumpang tinggal memasukan nomor book tiket di Check In counter. Calon penumpang juga dapat melihat jadwal keberangkatan di papan kereta api. Layar TV besar akan menginformasikan kedatangan dan keberangkatan kerata api.

stasiun Gambir

Sarana parkir untuk pengantar tersedia luas dan Taksi shelter juga banyak, jika penumpang yang ingin melanjutkan perjalanan ke luar pulau Jawa dapat menggunakan bus Damri yang akan mengantarkan ke Bandara Soekarno Hatta yang akan berangkat sesuai jadwalnya.
Sarana Hotel Transit telah tersedia di stasiun Gambir, bagi penumpang yang tiba di stasiun Gambir tengah malam atau menunggu jadwal kereta berikutnya dapat menginap di hotel transit ini. Waktu transit di hotel adalah 6 jam, 8 jam, 12 jam. Hotel ini mempunyai fasilitas Free wifi, TV LED, TV Cable, Water Heater, Mineral water.

Stasiun Gambir

Bagi pengguna jasa kereta api pada masa sekarang sudah jauh lebih baik dari segi pelayanan dan sarananya. Begitu juga di stasiun besar lainnya di Jakarta seperti stasiun Senen dan Jatinegara.Hal ini dilakukan untuk menarik minat masyarakat untuk menggunakan jasa kereta api. Didalam gerbong kereta api pun telah cukup memadai dengan dilengkapinya AC di seluruh kelas. Tidak ada lagi pedagang asongan yang masuk kedalam kereta juga membuat nyaman penumpang khususnya kereta kelas ekonomi.

Jadi gimana… mo pakai jasa transportasi ini. Yuuk naik kereta api dan jaga kebersihan adalah tanggung jawab kita yaaa.

Penulis.
Ade Haris S (lalerijo.com)
“Semua tempat berkesan”.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *