Pantai indah di Nusa Kambangan dan Tegalkamulyan

Cilacap, Kabupaten dengan luas 6,2 % dari Jawa Tengah yang memiliki geografis pesisir pantai dan pegunungan. Kabupaten Cilacap berbatasan dengan beberapa kabupaten seperti Kabupaten Brebes, kabupaten Ciamis, Kabupaten Banyumas, Kota Banjar, Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Pangandaran. Karena luasnya wilayah kabupaten Cilacap maka kabupaten ini dibagi menjadi beberapa  wilayah, yaitu wilayah utara, selatan dan barat. (Wikipedia)

> Tempat Wisata Pulau Nusa Kambangan
Cilacap memiliki kultur budaya campuran antara Banyumasan dan Budaya Sunda. Sisi selatan kabupaten Cilacap berada di pesisir Samudra Hindia dan sisi utara kabupaten Cilacap merupakan perbukitan. Cilacap terkenal dengan pulau Nusa Kambangan, yaitu pulau yang terkenal dengan penjara untuk penjahat kelas kakap dengan penjagaan ketat yang mungkin sulit untuk dikunjungi dan bahkan angker untuk tempat wisata. Pulau Nusa Kambangan memang terkenal dengan penjaranya namun pulau ini memiliki tempat untuk wisatawan yang asik untuk dikunjungi. Saat saya berada di Cilacap saya ingin mengetahui pulau Nusa Kambangan tersebut untuk berwisata. Pulau yang dikelilingi hutan lebat itu menyimpan wisata sejarah dan pantai pasir putih. Tentunya tempat wisata tersebut untuk umum dan jauh dari pusat lembaga pemasyarakatan.

Pulau Nusa Kambangan

> Transporatasi menuju Pulau Nusa Kambangan.
Untuk menyeberang ke Pulau Nusa Kambangan, wisatawan dapat menyewa perahu kayu nelayan dari  Teluk Penyu. Perahu kayu banyak disewakan oleh nelayan setempat sebagai jasa penyeberangan. Biaya menyewa perahu berkisar Rp10.000 ~ Rp20.000 tergantung tawar menawar harganya dan biasanya harus rombongan 10 orang. Penumpang disediakan pelampung (lifejacket). Waktu tempuh menyeberang dari Teluk Penyu ke Pulau Nusa Kambangan hanya 10 menit. Oh, saya informasikan kalo nyewa perahu pastikan pulangnya naik perahu yang sama karena biayanya PP.
Setibanya saya di Pulau Nusa Kambangan kami harus membeli tiket masuk dan biaya perorang Rp10.000. Nah yang menarik lagi ada dua pilihan untuk mencapai lokasi wisata pantai di Pulau Nusa Kambangan yaitu jalan kaki selama 20 menit atau naik mobil odong-odong yang bulak-balik. Biaya naik mobil odong-odong Rp5000/orang. Loklasi ini ditutup jam 4 sore dan tidak diperbolehkan kemping.

> Tempat menarik
Di area wisata Pulau Nusa Kambangan memang dibiarkan ditutupi pohon besar dan pohon rambat hutan dan jalannya pun seadanya tidak seperti tempat wisata lainnya. Turun dari mobil odong-odong saya dan keluarga harus berjalan menuju tepi pantai. Di area ini beberapa benteng tua peninggalan perang. Benteng yang sebagian besar tertutup semak dan pohon.
Sampai juga kami di tepi pantai lokasi wisata, pantai dengan pasir putih dan batu karang. Ada juga tebing karang di sisinya. Di tempat ini menikmati laut lepas dan kapal-kapal besar melintas di depan pulau ini. Ombak di pantai ini lumayan besar dan pantainya pun berkarang sehingga saya dan keluarga hanya bermain air di pinggir saja tidak bisa berenang. Saya  dan keluarga tidak terlalu lama di pantai Pulau Nusa Kambangan dan kami kembali ke Teluk Penyu. Akhirnya saya dapat merasakan asiknya wisata di Pulau Nusa Kambangan.
Kembalinya saya di Teluk Penyu, saya dan keluarga menyantap hidangan hasil laut yaitu Kepiting, Ikan, Udang dan lain-lain dan ini wajib jika datang ke Teluk Penyu, Cilacap.Pulau Nusa Kambangan

Pulau Nusa Kambangan

> Tempat wisata pantai Tegalkamulyan
Tempat wisata selanjutnya di pesisir samudra hindia Cilacap, saya dan keluarga mengunjungi pantai wisata Tegalkamulyan. Tegalkamulyan adalah pantai dengan pasir hitam. Tempat ini ramai dikunjungi wisatawan menjelang sore hari karena dapat menikmati luasnya lautan samudra hindia dengan panorama awan kala senja. Pantai ini memiliki pasir hitam dan pantai yang panjang. Pantai dengan ombak lumayan besar jadi main airnya di pinggiran saja.
Tempat wisata ini memang tiak terlalu dikenal oleh wisatawan dari luar daerah namun tempat ini ramai dikunjungi oleh pengunjung sekitar. Meskipun demikian saya tetap menikmati karena semua tempat berkesan. Menjelang jam 5 sore dan cuacapun cerah, saya di suguhkan oleh Allah SWT pemandangan lukisan alam yang bagus sekali, perpaduan warna biru, putih, jingga di langit pantai Tegalkamulyian. Oleh karena itu tidak ada tempat di Indonesai ini yang tidak bagus..Indonesia_bagus_banget. Saya sangat menikmati indahnya lukisan awan di Tegalkamulyan.

Pantai Tegakamulyan

Pantai Tegakamulyan

Berwisata itu tidak mesti harus ketempat yang terkenal karena justru tempat yang belum terkenal/terekspos itu masih alami. Nahh tugas kita semua untuk turut meramaikan dan menginformasikan tempat wisata ke masyarakat luas, agar memajukan wisata di daerah dan memakmurkan masyarakatnya. Stop buang sampah di sungai yaaa..

Pantai Tegakamulyan

Pantai Tegakamulyan

Penulis
Ade Haris S (lalerijo.com)
“Semua tempat berkesan”.

2 thoughts on “Pantai indah di Nusa Kambangan dan Tegalkamulyan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *