Masjid pertama dan tertua di Japan dan Korea Selatan

Bulan ini saya akan berbagi pengalaman mengunjungi Masjid di negara dimana agama Islam menjadi agama yang minoritas, salah satu pengalaman saya adalah mengunjungi Masjid pertama dan tertua di Japan dan Korea Selatan.

1. Masjid Kobe

Masjid pertama dan tertua di Japan adalah Masjid Kobe yang berada di Kobe Japan. Kobe dikenal sebagai dengan kota Pelabuhan. Kobe memiliki populasi jumlah penduduk 1,5 Juta orang. Kobe berada di perfektur Hyogo sebelah barat daya Osaka (Wikipedia).

Saya merasa bersyukur dapat mengunjungi Masjid pertama dan tertua di Kobe-Japan menurut catatan Masjid ini di bangun tahun 1935. Masjid ini tidak besar dan luas seperti di Indonesia. Masjid Kobe berwarna coklat ini memiliki lahan parkir di sisi kirinya.

Ruang di dalam Masjid Kobe juga tak terlalu luas. Saat saya datang, ada  beberapa warga Japan yang sedang berkunjung dan mendapat penjelasan dari Imam masjid dan juga warga negara lain seperti warga negara Malaysia. Sekitar lingkungan Masjid banyak toko makanan halal termasuk makanan Indonesia.

Saya menyempatkan untuk melakukan shalat berjamaah dengan teman-teman setelah itu jajan makanan. Penjaga dan pemilik toko kebanyakan dari India, Pakistan, Turki dan Indonesia. Berkunjung ke Masjid Kobe-Japan adalah suatu pengalaman bagus bagi saya.

Masjid Seoul Central adalah Masjid pertama dan tertua di Korea Selatan, ini juga pengalaman wisata yang bagus. Masjid Seoul Central terletak di jalan Usadan, Distrik Yongsan, Seoul.

2. Masjid Seoul Central

Masjid Seoul Central menjadi pusat perkembangan Islam pertama di Korea Selatan. Menurut catatan Masjid ini adalah donasi Pemerintah Korea Selatan dengan negara-negara Islam. Masjid ini dibangun pada tahun 1974.

Saya bertemu dengan imam masjid yang juga sedang memberi penjelasan kepada turis lokal. Saya juga bertemu dengan salah satu pengunjung masjid yang sudah lama tinggal di sekitar Masjid, saya ditawarkan makan di toko makanan halal secara gratis olehnya, ketika saya jelaskan bahwa saya dari Indonesia dan dia pun bisa sedikit bicara dengan bahasa Indonesia.

Masjid Seoul Central menjadi salah satu objek wisata bagi wisatawan lokal dan asing. Di luar Masjid tersedia brosur yang menjelaskan tentang sejarah masjid ini dan kegiatannya. Masjid ini memiliki luas sekitar 5000 m2.

Senang dan bersyukur dapat mengunjungi dan shalat di masjid pertama dan tertua di Japan dan Korea Selatan. Insya Allah… dapat berkunjung ke Masjid di negara non muslim lainnya. Yuk kita jaga kerukunan sesama umat manusia dimanapun kita berada.

Penulis
Ade H S (lalerijo.com)
“Semua tempat berkesan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *