Keberadaan Curug Gomblang yang tersembunyi

Shared it to you

Assalamualaikum, bulan ini saya akan berbagi pengalaman wisata ke Curug Gomblang. Keberadaan Curug Gomblang yang tersebunyi di lereng Gunung Slamet. Selama ini curug yang paling terkenal dan paling banyak pengunjungnya di wilayah Banyumas adalah curug 7. Curug 7 terkenal dengan aliran air panas dari Gunung Slamet.

Keberadaan Curug Gomblang yang tersembunyi

Ada beberapa curug di kaki Gunung Slamet yang terkenal diantaranya yaitu : Curug 7, Curug Bayan, Curug Ceheng, Curug Jenggala dan lain-lain. Keindahan dan kesejukan alam di kaki Gunung Slamet memang tidak perlu diragukan. Namun kali ini saya dan istri berkunjung ke Curug Gomblang.

Curug Gomblang adalah lokasi wisata yang tersembunyi di lereng Gunung Slamet namun keindahannya bikin hati tenang.

Keberadaan Curug Gomblang yang tersembunyi harus ditempuh melewati jalur hutan pinus dan persawahan dengan jalan yang menanjak dan lebar jalan yang tidak telalu lebar menjadikan tempat wisata ini masih sedikit pengunjungnya… Jalannya sudah aspal looh sampai mentok di parkiran.

Keberadaan Curug Gomblang yang tersembunyi

Curug Gomblang berada di Kalisalak, Kecamatan Kedungbanteng, Kab, Banyumas – Jawa Tengah. Untuk menuju ke Curug jika dari arah kota Purwokerto sekitar 1 jam dengan kendaraan roda 4. Saya mengikuti jalur jalan ke arah kawasan wisata Baturraden selanjutnya masuk ke jalan menuju Indonesia Power.

Tempat wisata Curug Gomblang buka mulai jam 08.00 hingga 16.00 WIB
Senin sampai Minggu
Tiket masuk Rp. 10.000

Kebersihan dan keasrian Curug Gomblang sangat bagus. Area untuk berkemah lengkap dengan sarana kebersihan juga tersedia. Area berkemah ada yang menghadap Purwokerto looh … jadi keren banget malem malem bisa melihat kelap-kelip lampu kota.

Air curug ini dingin dan mengoda untuk nyebur.. saya pun akhirnya nyembur juga karena melihat air yang bening dan bersih. Pohon-pohon yang masih rimbun di sisi tebing curug.. Tapi hati-hati karena batuannya besar dan licin. FYI ketinggian curug ini sekitar 50 meter.

Keberadaan Curug Gomblang yang tersembunyi
Curug Gomblang, Banyumas
Keberadaan Curug Gomblang yang tersembunyi

Untuk menuju curug sekitar 15 menit dari gerbang tiket. Di sisi kiri dan kanan jalan adalah hutan pinus kemudian dari parkiran ke curug pengunjung harus menuruni anak tangga. Tempat wisata Curug Gomblang tertata rapih dengan tanaman bunga di kiri dan kanannya.

Sarana lain adalah tersedianya warung makanan ringan meski tidak banyak namun lengkap. Naah.. tempat wisata ini bisa jadi pilihan lain jika tempat wisata di Banyumas penuh yaa… keren dah tempat ini.

Yuukk.. berwisata di Curug Gomblang. Utamakan keselamatan dan membuang sampah pada tempatnya.
Selamat berwisata.

Penulis
Ade H S (lalerijo.com)
“Semua tempat berkesan”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.