Gyeongbokgung Palace

Salah satu tempat wisata yang harus di kunjungi selama berwisata di Korea Selatan adalah Gyeongbokgung Palace. Gyeongbokgung Palace terletak di pusat kota Seoul. Gyeongbokgung yang berarti dalam bahasa Inggris adalah “Greatly Blessed by Heaven. Letak Gyeongbokgung  dekat gedung parlemen Korea selatan dan posisinya berada di jalan utama sehingga mudah dilihat dan dicapai.

Gyeongbokgung adalah salah satu benteng yang dipertahankan ditengah kota Seoul sejak 1395. Benteng ini buka mulai dari jam 08.00. Sebelum saya dan rombongan masuk kedalam Gyeongbokgung Palace kami menyewa baju tradisional Korea yaitu baju Hanbok. Kami mampir dahulu ke sebuah toko penyewaan baju Hanbok yang terletak tak jauh dari benteng tersebut. Harga sewa baju sekitar 10.000 won dengan waktu sewa 2 jam.

Didalam toko, pengunjung dapat memilih warna dan jenis pakaian beserta accesoriesnya. Barang bawaan kecuali dompet dan kamera dapat ditinggalkan ditempat ini. Setelah menentukan jenis pakaian dan memakainya, kami menuju ke gerbang benteng dengan berjalan kaki. Wisata kami menjadi sangat seru. Kebetulan karena kami datang pagi menjelang gerbang di buka kami melihat atraksi pembukaan gerbang benteng. Tentara tradisional Korea dengan menggunakan seragam tradisional berbaris di iringi bunyi gendang.

Banyak turis asing dari asia dan eropa dan lokal yang datang ke Gyeongbokgung Palace saat itu. Selama atraksi ini, pengunjung dibatasi dengan garis agar tidak menggangu barisan. Ada yang unik di acara ini yaitu ada seorang yang duduk diatas benteng, mungkin itu menandakan dia panglima pasukan ini. Pasukan ini memakai baju prajurit lengkap dengan accesoriesnya, kalo di Indonesia sama seperti di kraton Jogja.

Setelah parade itu selesai kurang lebih 30 menit, kami keliling dan berfoto di beberapa tempat yang bagus. Rombongan kami juga sempat diajak berfoto oleh turis asing dan turis lokal looh..wah keren deh. Gyeongbokgung Palace berlatar belakang dua bukit yaitu bukit Bugaksan dan bukit Namsan.

Gyeongbokgung di rekonstruksi kembali tahun 1867. Bangunan ini adalah salah satu yang dipertahankan setelah penjajah Jepang di Korea, selain itu menurut tour guide kami, bangunan lain peninggalan Jepang di hancurkan. Saat kami berkunjung udara sangat dingin meskipun ada sinar matahari.

Kami pun meninggalkan Gyeongbokgung Palace menjelang makan siang. Naah… kalo temen temen berwisata ke Korea Selatan pastikan ketempat ini yaa dan cobain pakaian Hanbok biar lengkap ceritanya. Tetap sopan saat berwisata yaa karena saat kita di negara orang lain, kita adalah cerminan bangsa. Jaga nama bangsa ini. Bangga menjadi Rakyat Indonesia. Siipp semoga bisa jadi referensi temen-temen yaa sebelum berlibur di Korea Selatan.

Penulis
Ade Haris S (lalerijo.com)
“Semua tempat berkesan”

2 thoughts on “Gyeongbokgung Palace

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *