Cara menggunakan transportasi BTS di Bangkok

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman cara menggunakan transportasi BTS di Bangkok (Bangkok Train Station), semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman yang ingin berwisata di Thailand. BTS adalah salah satu moda transportasi yang paling ramai dan menjadi salah satu moda transportasi yang menghubungkan banyak ke lokasi wisata dan pertokoan bahkan langsung ke hotel. Di Thailand khususnya di Bangkok MRT, Bus, Taksi dan Transportasi online (GRAB)  juga BTS adalah moda transportasi yang dapat digunakan saat kita liburan di sana.

Saya akan menerangkan cara menggunakan transporasi BTS di Bangkok. Saat itu tujuan saya adalah Bearing (nama daerah). Pertama kali sampai di Bandara Don Mueang atau Bandara Suvarnabhumi saya sarankan teman-teman membeli kartu perdana paket internet. Kartu tersebut dapat di beli di kios-kios disekitar bandara. Setelah saya beli kartu internet saya dapat browsing, WA dan lain-lain. Saya juga sarankan melihat petunjuk-petunjuk arah dan mengambil peta gratis yang disediakan di bandara.

Saat itu saya dari bandara Don Mueang menuju Bangkok menuju hotel di Bearing. Cara menggunakan transportasi BTS adalah sebagai berikut :
1. Tukarkan uang lembaran menjadi uang koin 1, 5, 10 Baht di loket
2. Lanjut ke mesin tiket, di mesin tiket terdapat peta jalur BTS dan nomor titik station
3. Sebelum memasukan uang koin ke mesin, Lihat dahulu titik station yang akan dituju.
4. Setelah tahu nomor station yang dituju, lalu pilih nomor tersebut.
5. Setelah dipilih akan keluar tarifnya,
6. Masukkan uang koin yang tadi ditukar kedalam mesin sejumlah tarif. Mesin ini juga akan mengeluarkan uang kembalian.
7. Uang koin telah masuk sesuai tarif, selanjutnya akan keluar tiket berupa kartu elektronik.
8. Setelah dapat kartu electronik, selanjutnya masuk ke pintu masuk menuju jalur kereta dengan menempelkan kartu tersebut di mesin pintu. Pintu akan terbuka secara otomatis.
9. Selanjutnya masuk dan tunggu keretanya
.

Tempat tunggu kereta bersih Kereta BTS ini bersih dan terang dengan kursi berwarna kuning. Station BTS juga ada yang terhubung dengan station MRT dan beberapa hotel, mall. Transportasi BTS ini menjadi andalan warga kota dan turis maka kereta ini pada jam tertentu pasti akan penuh. Nah lanjut bagaimana cara menggunakan transportasi BTS di Bangkok jika ingin keluar dari station dan bagaimana cara mengetahui kita telah sampai station yang dituju…??

Di dalam kereta terdapat speaker dan tanda titik station, jadi kita mengetahui posisi kita sudah sampai station mana dan berapa station lagi yang harus dilewati. Saya sarankan mendekati pintu keluar jika telah mendekati station yang dituju apalagi ketika jam sibuk. Hal ini agar kita tidak terbawa ke station selanjutnya.

Cara menggunakan transportasi BTS di Bangkok jika ingin keluar dari station adalah masukkan tiket electronik tadi di pintu dan tiket akan masuk, pintu pun terbuka. Lalu bagaimana jika kita melebihi station yang kita tuju… jika kita tetap akan keluar tiket tidak akan diterima dan pintu pun tidak akan terbuka, kita harus kembali ke dalam station dan menukarkan uang koin dengan tiket electronik baru.

Ada cara mudah agar kita tidak bolak-balik tukar koin untuk beli tiket electronik setiap ingin pergi naik BTS, caranya kita dapat beli tiket untuk one day trip kartu ini berlaku seharian.

Nah begitulah pengalaman cara menggunkan transportasi BTS di Bangkok. Semoga bermanfaat dan tetap jaga keselamatan dan ketertiban yaa… Selamat berlibur.

Penulis
Ade Haris S (lalerijo.com)
“Semua tempat berkesan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas