Berwisata ke Taman Burung Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan kawasan wisata yang menggambarkan miniatur tentang Indonesia dari Sabang hingga Merauke dengan berbagai kebudayaannya. Taman Mini Indonsia Indah (TMII) di bangun pada era Presiden RI yang ke 2 yaitu bapak Ir. H. Suharto pada tahun 1972 dan diresmikan tahun 1975. TMII adalah gambaran budaya, adat istidat dan agama yang ada di Indonesia. Tempat wisata budaya ini ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dan asing yang ingin mengetahui tentang Indonesia . Di dalam Taman Mini Indonesia Indah ini selain di bangun rumah adat dan tempat Ibadah juga terdapat Museum dan Taman Flora dan Fauna seperti Akuarium Ikan Air Tawar dan Taman Burung. Taman Mini Indonesia Indah berada di Jakarta Timur. Tempat wisata ini banyak dikunjungi oleh anak sekolah yang sedang Study Tour dan keluarga. Tempat ini sangat ramai dikunjungi di akhir pekan, para pengunjung yang datang ke tempat ini selain ingin melihat bangun adat dan museum juga dapat menjadi sarana tempat reuni dan kumpul arisan bahkan dijadikan tempat resepsi pernikahan. Pada Malam minggu biasanya di beberapa anjungan provensi ada yang menggelar pentas kesenian sebagai contoh di anjungan Jawa Barat dan Jawa Tengah yaitu mengadakan pertunjukan wayang.

Bagi penduduk Jakarta mungkin sebagian besar sudah pernah datang ke taman wisata budaya Taman Mini Indonesia Indah ini karena lokasinya yang mudah di jangkau dan harga tiket masuk tempat wisata ini juga terjangkau. Taman wisata budaya ini memiliki maskot Hanoman (Kera Putih) yang diresmikan oleh Hj. Tien Suharto tahun 1991. Perkembangan Taman budaya ini hingga saat ini masih terus disempurnakan. Sarana dan Fasiltas ditempat wisata ini juga banyak seperti Kereta Gantung, Kolam renang, Kereta wisata, IMAX Keong Emas yang merupakah biokop 4D pertama di Indonesia. Di taman wisata budaya ini juga ada taman burung, Di taman burung ini pengunjung akan masuk kedalam kandang burung besar yang didalamnya terdapat taman dan burung yang berterbangan dan berenang bebas separti angsa hitam dan pelikan.

Taman Burung

Taman BurungKali ini saya dan keluarga berwisata ke taman burung Taman Mini Indonesia Indah, tempat wisata yang tidak jauh dari rumah dan terjangkau untuk sampai kesana. Tujuan selain berwisata dan kumpul keluarga saya juga memberikan informasi tentang keberadaan tempat ini kepada anak saya. Tempat yang saya kunjungi adalah Taman burung yang diresmikan oleh Presiden ke 2 RI yaitu Ir. H. Suharto yang dapat dilihat pada batu prasati didalam taman burung ini.

Taman BurungTaman BurungTaman burung terletak berdekatan dengan museum IPTEK dan MIGAS. Taman burung diresmikan tanggal 27 April 1986 dengan sembilan kubah. Kubah dibagi menjadi dua bagian yaitu kubah timur dan kubah barat. Taman burung ini memiliki koleksi burung sebanyak 176 jenis burung dan merupakan penangkaran burung terbesar di Indonesia. Di dalamĀ  taman burung terdapat danau yang besar dan di danau ini terdapat angsa hitam dan putih juga burung pelikan yang berenang serta koleksi ikan di dalamnya. Pengunjung dapat memberi makan ikan di pinggiran danau. Taman burung beroperasi dari hari Senin hingga Minggu dari jam 08.00 s/d 17.00 WIB. Harga tiket masuk ke taman burung ini sebesar Rp. 20.000/orang.

Taman Burung Taman Burung Taman BurungLuas taman burung di Taman Mini Indonesia Indah ini seluas 6 hektar dan memiliki area parkir kendaraan yang luas. Tempat ini juga tersedia kafetaria di area pintu keluar taman burung. Koleksi burung di taman burung ini terbagi dariĀ  burung yang berasal dari Indonesia bagian barat dan bagian timur. Tempat ini juga tersedia tempat karantina bagi burung yang sakit dan butuh perawatan.

Taman Burung Taman Burung Taman Burung

Taman burung ini menarik untuk kita kunjungi loh.. jadi rencanakan yaa untuk datang ke taman burung di Taman Mini Indonesia Indah. Wisata di tempat ini yakin deh bisa menambah pengetahuan. Yuukk datang kesini.

Penulis

Ade Haris S (lalerijo.com)

“Semua tempat berkesan.”

3 thoughts on “Berwisata ke Taman Burung Taman Mini Indonesia Indah

  1. Obi Maulana

    Tiket masuk ke TMII-nya sendiri berapa, min? Kebetulan, seumur-umur saya belum pernah berkunjung kesini nih. Tapi kayanya sangat recommended juga liat burung-burung lebih dekat lagi…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *